Cara Memperbaiki WordPress Self Hosting yang Muncul Kode Html di Atas Header

Diposting pada

Cara memperbaiki wordpress eror self hosting

Blog yang dibangun dengan cms WordPress tentu mempunyai banyak kelebihan, karena memang cms ini sudah banyak digunakan para blogger di seluruh bagian penjuru dunia.

Selain dengan penggunaanya yang gratis, cms ini juga didukung ribuan plugin yang dibuat banyak pengembang untuk membantu meningkatkan performa blog.

Tak terkecuali saya sendiri. Walaupun saya masih baru menggunakan WordPress, namun sudah sedikit mengetahui tentang wordpress. Baik itu kemudahan ngeblog yang saya rasakan, tentunya membuat saya merasa nyaman menggunakan cms ini. Cara memperbaiki wordpress eror

Dari banyak nya kelebihan dan kemudahan menggunakan cms WordPress , tentu kadang ada erornya juga. Tips Menulis Artikel Agar Tidak di Copas Orang lain.

Banyak sekali eror yang bisa terjadi di cms WordPress, apalagi yang self hosting. Cara memperbaiki wordpress eror

Saya sudah beberapa kali mengalami eror dengan blog buruhseo.com, mulai dari yang gak bisa masuk administrator, posting terbaru tidak muncul, kolom komentar yang hilang. Hingga baru – baru ini saya mengalami eror dibagian header blog ini.lcaea.

Eror ini diakibatkan karena ada syntax eror dibagian header. Namun sebelumnya saya belum mengetahui eror ini diakibatkan oleh kode yang mana.

Berikut dibawah ini screen shoot contoh eror yang dialami buruhseo sebelum menulis artikel ini. Cara memperbaiki wordpress eror

Cara memperbaiki wordpress eror
Cara memperbaiki wordpress eror

Seperti yang anda lihat diatas, kode syntax html muncul diatas header. Tentu hal ini membuat tidak nyaman saat mengakses blog baik saya sendiri maupun pengunjung.

Sebelum saya membuka header, sepeeti biasa saya searching lebih dulu di google tentang cara memperbaiki wordpress akibat eror seperti diatas.

Akan tetapi saya tidak menemukan cara yang benar-benar spesifik bisa membantu saya mengatasi eror di blog saya. Cara memperbaiki wordpress eror

Kemudian saya mencoba menghubungi admin dari hosting. Kebetulan saya menyewa hosting di hostinger. Karena memang eror-eror sebelumnya pun kalau saya mencari cara untuk memperbaiki nya tidak ketemu, yah saya langsung saja menghubungi admin hosting dan langsung mereka sendiri yang membantu memperbaiki.

Namun untuk kali ini admin hosting hanya memberikan dimana letak erornya saja dan menyuruh saya sendiri yang mengutak atiknya.

Eror terletak antara template dan plugin. Kemudian saya mencoba untuk mengingat tentang apa yang saya lakukan di WordPress saya sebelum eror ini terjadi.

Saya masih ingat sebelum mengalami eror ini, saya mencoba menginstal sebuah child theme dari superfast.

Setelah child theme saya uploud keadaan di dashboard memang normal. Jadi saya lanjutkan ke pemasangan template nya.

Setelah itu saya mencoba melihat halaman awal blog buruhseo. Bukan nya memuaskan palah bikin saya jengkel, karena tampilan awal kok bisa jadi kayak gitu. Cara memperbaiki wordpress eror

Sebelumnya saya juga menginstal beberapa plugin yang tujuannya untuk memaksimalkan kecepatan loading blog dan membuat blog semakin menarik lagi.

Namun yang didapat justru penampilan blog yang acak-acakan dan berantakan.

Karena admin hosting yang memberikan letak eror di plugin dan template, saya hanya fokus ke dua bagian ini.

Pertama saya mencoba untuk menguninstall semua plugin yang barusan saya instal sebelum eror ini terjadi.

Namun keadaan masih tetap sama saja.

Kemudian saya mencoba ganti tema blog ini ke tema yang lain. Dan ternyata hasilnya normal.

Jadi saya mempunyai kesimpulan bahwa letak eror ada di bagian tema superfast yang saya pasang.

Kemudian saya mencoba untuk mengganti template blog ini untuk sementara. Kemudian hapus tema yang mengalami eror di bagian syintax html nya.

Setelah itu saya mencoba untuk memasang lagi tema superfast dengan cara uploud file baru.

Keadaan normal dan seperti sedia kala. Kemudian saya mencoba memasang plugin pendukung template superfast. Namun ketika memasukkan semua iklan dan kode meta di header. Keadaan blog kembali memunculkan syntax eror di bagian header.

Karena syntax eror ada di header saya mencoba fokus ke header saja. Bagi pengguna tema superfast pasti anda sudah tahu kalau di tema premium ini, untuk memasukkan kode html baik meta maupun kode iklan kita tidak perlu membuka editor template nya. Kita hanya perlu membuka plugin pendukung tema ini yaitu idblog core.

Dengan idblog core lah kita menambah kode kedalam template premium ini.

Baca juga :

Postingan Terbaru Tidak Muncul di Beranda WordPress Selfhost ? Begini Cara Memperbaikinya !

Selanjutnya saya mencoba melihat semua kode yang saya masukkan baik kode iklan adsense maupun kode verif webmaster yang ada di header.

Di header saya hanya memasukkan kode verifikasi webmaster dan iklan adsense saja. Dari kedua kode tersebut saya mendapati keanehan di kode verifikasi webmaster.

Kemudian saya membuka webmaster dan mencari kode verifikasinya. Kode verifikasi di webmaster sayacopy lagi dan saya masukkan kembali ke dalam header.

Dan hasilnya blog kembali normal dan sembuh seperti sediakala.

Kalau saya amati kode yang saya masukkan hanya kurang tanda( > ) itu saja.

Namun yang namanya coding walaupun kurang satu tanda saja tetap semuanya akan eror. Jadi kalau anda mengalami masalah di WordPress anda seperti yang saya alami diatas sebaiknya teliti dulu kode html yang anda tambahkan ke dalam template.

Bagaimana kalau template selain superfast ?

Tinggal cari saja di bagian header template nya. Pertama buka admin WordPress – pilih tampilan – editor – pilih header.php.

Kemudian periksa kode di bagian header nya secara teliti. Memang untuk memperbaiki eror di bagian coding html tentunya anda harus sedikit tahu dasar coding nya.

Untuk menghindari beberapa eror di WordPress ada beberapa tips yang bisa anda terapkan.

Pasang template dan plugin hanya yang kompatibel (cocok) dan telah di uji coba di versi wordpress anda.

Memasang template dan plugin di cma wordpress tentu hal yang harus dilakukan jika anda menginginkan blog dsngan performa lebih.

Namun sebaiknya anda jangan sembarangan dalam memasang plugin dan template.

Banyak sekali template untuk wordpress, baik yang gratis maupun yang berbayar.

Baca juga :

Cara Agar Artikel Baru Cepat Terindex Google Dalam Waktu Kurang Dari 5 Menit

Begitu pula dengan plugin wordpress, bahkan ada ribuan plugin. Sebaiknya anda gunakan yang hanya diperlukan saja. Dan tentunya pasang plugin yang cocok dengan versi wordpress anda, karena plugin yang kompatible pasti sudah di uji coba.

Untuk lebih jelasnya bisa dilihat digambar dibawah ! perhatikan yang saya lingkari !

Cara memperbaiki wordpress eror
Cara memperbaiki wordpress eror

Biasanya saya kalau ingin menginstal plugin saya memperhatikan 4 hal :

  • Fungsi plugin.

Ini yang paling penting, buat apa menginstal plugin kalau nggak ngerti itu plugin yang diinstal fungsinya untuk apa. Untuk mengetahui fungsi plugin anda bisa lihat di bagian deskripsi plugin. Disitu biasanya lengkap dengan cara instalasi nya. Lengkap juga dengan tanggapan (komentar) dari para pengguna plugin tersebut.

  • Kompatibel.

Ini juga penting, jangan sampai plugin yang di instal adalah plugin yang nggak sesuai dengan versi wordpress kita. Usahakan pasang plugin yang sslalu diupdate oleh pengembangnya.

  • Perhatikan rating.

Rating berupa bintang juga penting untuk mengetahui apakah plugin tersebut bagus atau tidak. Rating menunjukkan respon kepuasan pengguna yang telah lebih dulu menggunakan plugin tersebut.

  • Jumlah unduhan.

Saya juga sering lihat jumlah unduhan, tidak hanya untuk instal plugin ,namun juga saat menginstal aplikasi di android juga begitu.

Jumlah unduhan yang banyak juga bisa menentukan apakah plugin tersebut bagus atau tidak. Namun anda juga sebaiknya lihat komentar para pengguna dulu.

Saat mengcopy kode html ke template sebaiknya teliti terlebih dahulu.

Harapanya agar tidak terjadi kealahan seperti saya diatas. Hanya kurang tanda ” >” saja sudah bisa mengacak – acak tampilan blog. Sebaiknya teliti lebih dulu,baik itu kode iklan adsense maupun meta tag, ataupun verifikasi webmaster.

  • Gunakan plugin seperlunya saja.

Gunakan plugin yang anda perlukan saja, jangan sampai menginstal beberapa plugin namun ada yang fungsinya sama hanya beda pengembang saja. Hal ini bisa mengakibatkan crash, yang nantinya akan bisa berakibat buruk bagi blog anda.

Perbaharui wordpress, plugin, tema ke versi yang terbaru.

Kalau yang ini optional saja, kalau saya sendiri biasanya kalau sudah ada versi yang terbaru langsung saja saya update.

Baca juga :

Keuntungan Menjadi Seorang Blogger yang Harus Kamu Ketahui ! Baca disini !

  • Membuat child theme.

Anda juga bisa menggunakan cara ini. Tapi anda harus menginstal terlebih dahulu parent theme nya. Jadi kalau pakai child theme seandainya kita rubah dan edit tema. Sewaktu tema eror template parent theme nya masih bagus. Mengenai pembuatan child theme akan kita diskusikan lain waktu .

Nah itu tadi sekilas yang saya tahu dan saya alami ketika mengatasi syntax kode html yang muncul diatas header di halaman utama blog wordpress self hosting.

Tinggalkan Balasan