Tips Untuk Memulai Usaha Kuliner Bagi Pemula

Diposting pada

Pada jaman sekarang ini orang banyak yang memilih untuk berbisnis mandiri atau punya wira usaha sendiri. Kalau ditanya soal cita – cita waktu kecil nih, mungkin akan ada banyak jawaban seperti dokter, tentara, polisi, mekanik, teknisi, profesor dll. Tapi jarang lho, anak kecil kalo ditanya cita-cita jawabnya jadi pengusaha. Jarang kan ?

Akan tetapi kalau mereka sudah dewasa dan mungkin sudah bekerja. Mereka akan merasakan kalau nekerja itu banyak aturan. Apalagi yang lagi baru banget masuk perusahaan. Akan terasa tertekan dan jenuh.

Usaha kuliner
Usaha kuliner

Coba bandingkan kalau punya wirausaha ?

Kalau usaha mandiri walaupun kecil saja kita sudah menjadi bos di usaha yang kita miliki. Memang sih, untuk menjadi wirausaha yang sukses tidak semudah membalikkan telapak tangan. Seperti contoh usaha di bidang kuliner.kalau sekarang sudah banyak yang menggeluti usaha ini. Persaingan juga semakin ketat. Kreatif, inovatif juga sangat diperlukan untuk menjalankan bisnis ini. Seperti contoh orang tua saya sendiri, mempunyai usaha penjual gorengan. Ya walaupun kecil-kecilan sudah bisa menyekolahkan anaknya dan bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari. Sesuai dengan judul, kali ini kita akan membahas tentang Tips Untuk Memulai Usaha Kuliner Bagi Pemula.

Bagi anda yang ingin mencoba usaha ini anda harus memperhatikan hal – hal dibawah ini agar anda bisa meraih kesuksesan.

Perhatikan target pasar.

Hal yang pertama kali harus anda pikirkan adalah memerhatikan target pasar anda. Ini penting gan, supaya nantinya produk yang akan kita jual tepat sasaran.

Baca juga :

7 Aplikasi Android Penghasil Uang dan Pulsa Terbaru

Newscat – Aplikasi Berita Penghasil Uang Terbaru 2018

Cari Tahu Harga Emas Hari Ini dengan Aplikasi E-mas

Timebucks !!!! Situs Penghasil Dollar Terbaru 2018

 

Misalnya saja seperti contoh orang tua saya sendiri yang mempunyai usaha kecil – kecilan pembuat gorengan. Sebelum membuat gorengan dan mulai menjajakan dagangannya. Mereka mencari tahu dulu keadaan pasar. Kebetulan pasarnya sejenis pasar tradisional. Sehingga kebanyakan konsumen yang ada dipasar merupakan golongan menengah kebawah. Sehingga produk makanan yang nantinya akan dijual harganya juga harus terjangkau.

Memilih lokasi yang bagus dan strategis.

Tempat yang strategis juga mempengaruhi omset penjualan, bagaimana bisa laku kalau tempat yang dipilih sepi ?

Orang tua saya memilih dipasar karena dipasar banyak sekali konsumen. Bisnis kuliner juga bisa didirikan di tempat keramaian lainya seperti pinggir jalan, terminal, alun-alun dsb.

Selalu berinovasi dan kreatif.

Selanjutnya yang ketiga itu kreatif. Coba anda riset di pasaran produk kuliner apa yang paling banyak dicari. Ataupun produk makanan apa yang disukai orang tapi jarang penjualnya.

Orang tua saya sendiri membuat makanan gorengan berupa onde-onde jawa.

Onde-onde jawa itu onde-onde yang dalamnya parutan kelapa dan gula. Kebetulan dipasaran memang gak ada yang buat sama sekali. Tapi peminatnya sendiri banyak. Apalagi orang – orang yang tinggal di daerah pegunungan yang lebih suka makanan tradisional. Hal ini termaauk peluang yang bagus bagi orang tua saya. Dan sekarang berapapun yang dibuat insyalloh habis terus karena sudah paaokan ke pedagang lain. Jadi gak perlu capek nungguin dagangan. Tentunya juga perlu proses panjang untuk mencapai hal ini.

Pilih pasokan bahan baku yang tepat.

Bahan baku yang tepat juga dapat mempengaruhi hasil dari kuliner yang kita buat. Usahakan pilih yang bagus dan ambil dari suplier yang memang sudah menjaga kualitas bahan bakunya.

Orang tua saya juga hanya mempunyai beberapa orang saja seagai pemaaok bahan baku. Agar kualitas disetiap produk yang dihasilkan selalu sama. Jangan sampai hanya karena meremehkan kualitas bahan baku hasilnya jadi kurang maksimal dan mempengaruhi reputasi produk kuliner kita.

Mengkalkulasi harga bahan dan penjualan produk kuliner.

Coba anda hitung biaya untuk pembelian bahan dan biaya pembuatan produk kulinernya. Kemudian tentukan harga jualnya juga. Kalkulasi ini bertujuan untuk menghindari kerugian saat penjualan.

Pengetahuan dan keahlian.

Tingkatkan terus pengetahuan anda di bidang kuliner yang anda geluti. Agar kemampuan anda semakin bagus dan berkualitas. Hal ini bertujuan untuk menciptakan inovasi terbaru. Juga sebagai bekal dalam menempuh persaingan bisnis kuliner yang semakin hari semakin ketat.

Selalu menjaga reputasi.

Kalau berhasil menjaga reputasi di mata konsumen nantinya usaha kuliner anda bisa bertahan lama. Karena konsumen akan merasa betah dan nyaman dengan produk anda. Reputasi yang harus dijaga meliputi pelayanan, kualitas produk, kebersihan tempat, kenyamanan tempat dsb. Jangan sampai sekali saja mengecewakan konsumen. Sekali 1 konsumen kecewa anda sudah kehilangan konsumen secara perlahan.

Memanfaatkan internet sebagai tempat promosi.

Untuk menarik pelanggan anda bisa menggunakan internet sebagai media promosi. Apalagi promosi gratis seperti sosial media. Dengan kemampuan anda menyampaikan ulasan produk kuliner anda melalui poatingan. Tidak menutup kemungkinan akan ada banyak yang tertarik juga. Anda juga bisa membuat blog ataupun web tentang produk anda. Atau juga instagram, sosmed yang satu ini memang lebih menarik perhatian pengunjung karena anda bisa menguploud foto tentang produk anda.

Sabar kalau lagi memulai usaha.

Namanya permulaan pasti masih sepi. Tergantung anda bagaimana cara anda beepromosi dan menarik banyak pengunjung. Sabar kunci utamanya. Karena di awal usaha pasti banyak rintangan juga yang harus dilalui.

Nah, itu tadi sekilas tentang cara ampuh untuk memulai bisnis kuliner bagi pemula. Kalau artikel ini bermanfaat silahkan share ke semua teman-teman kamu.

jangan takut untuk memulai !

Karena kalau nggak sekarang, mau kapan lagi ? “

Tinggalkan Balasan