Tips Belanja Online yang Perlu Anda ketahui Agar Tidak Tertipu

Diposting pada

Tips belanja online memang sudah banyak di share para blogger dan situs besar lainya. Namun tidak ada salahnya juga saya berbagi tentang tips belanja online.tips belanja online,tips berjualan online,tips jual beli online,tips toko online,toko online

Di jaman sekarang yang serba internet ini kita dimudahkan dengan adanya jual beli yang bisa kita lakukan hanya dengan smart phone saja. Karena memang semakin berkembangnya internet juga diikuti dengan banyaknya toko online yang bermunculan.

Banyak sekali produk yang bisa kita dapatkan di toko online dan penjual online . mulai dari makanan, pakaian ,perlengkapa rumah bahkan kendaraan pun juga banyak di perjual belikan secara online.

Berikut ada beberapa tips belanja online yang bisa anda terapkan agar anda tidak tertipu :

  • Periksa web atau situs tempat anda berbelanja.

Alangkah baiknya anda periksa secara rinci tempat toko online anda berbelanja. periksa popularitasnya di mesin pencarian seperti google bing dll. Kalau perlu anda hubungi kontak yang ada di situs tersebut. carilah ulasan konsumen tentang situs yang anda kunjungi. kalau banyak sekali keluhan konsumen ya alangkah baiknya cari toko online yang lain.

  • Baca kebijakan yang ada di situs tersebut.

Kebijakan meliputi data diri anda dan return barang jika barang yang anda terima nantinya tidak sesuai dengan yang anda inginkan. karena barang hanya bisa dilihat fotonya saja tidak dapat anda cek secara langsung. dalam hal ini anda harus teliti.

  • Baca deskripsi barang dengan baik.

Setiap barang yang ditawarkan secara online tentu ada deskripsi mengenai barang tersebut baik berupa harga keadaan dan kondisi barang yang dijual.

  • Amankan perangkat anda.

kita tidak tahu jika kita sedang menjelajah secara online apakah situs aman dari virus atau tidak. Sebaiknya amankan perangkat anda dengan antivirus.

  • Pertimbangkan cara pembayaran.

biasanya yang paling umum tentunya dengan kartu kredit. Namun apabila ada cara lain semisal paypal,payooner, bank transfer ataupun cod  anda bisa pertimbangkan untuk memilih mana yang sesuai dengan yang anda inginkan.

  • Simpan bukti transaksi.

Sebaiknya anda menyimpan bukti transaksi yang anda bayarkan daik email konfirmasi, ataupun notification di layar perangkat anda . anda bisa screen shoot hasil transaksi anda.

  • Jangan tergoda dengan harga barang yang murah.

harga ang murah memang menjadi perhatian khusus dan utama di kalangan pasar. Namun anda juga harus mencari referensi dengan harga barang yang ditawarkan.

  • Pastikan saat memasukkan data diri aman.

saat anda memasukkan data diri misalnya nomor kartu kredit. Periksa url situs ,harusnya sambungan di enkripsi dari http menjadi https atau shttp. kalau sudah di enkripsi pastinya lebih aman.

 

Nah itu tadi sedikit tips  belanja online agar belanja online anda aman.

 

Jangan lupa bagikan artikel ini jika menurut anda artkel ini bermanfaat. masukkan email anda di kolom berlangganan agar tidak ketinggalan informasi terbaru dari buruhseo.

Baca sumber referensi

 

Tinggalkan Balasan