Tips Bijak Menjadi Pengguna Sosial Media

Diposting pada
Sosial Media
Tips menjadi pengguna sosial media
Kalau ditanya tentang sosial media pasti semua pengguna internet sudah tahu, bahkan punya akun sosial media. Seperti facebok, Twitter dll.
Lalu apa sih manfaat sosial media itu ? Manfaatnya ya kita bisa saling mengenal satu sama lain, ajang bersilaturahmi jug bisa dengan teman ataupun saudara yang jauh. Tapi entah kenapa kadang pengguna sosial media lupa fungsi medsos itu sendiri. Seperti banyaknya penipuan lah, ada akun yang sukanya nyebar fitnah, paling ngetren ya sebar berita hoax.
Maka dari itu kita sebagai pengguna  sosial media yang cerdas harus bisa menggunakan sosial media dengan bijak.  Jangan sampai hanya karena tulisan status ataupun komentar bisa mendatangkan masalah. Kalau dulu saya ingat ada kata-kata “mulutmu harimaumu”. Kalau sekarang ya ada ” jarimu harimaumu”. Jadi hati-hati lah menggunakan  jarimu ??.
Sesuai dengan judu postingan kali ini akan membahas tentang tips bijak menjadi pengguna sosial media. Informasi ini saya dapatkan dari keluarga.com, didalam postingan nya ada 7 tips menjadi pengguna media sosial yang bijak. Berikut 7 tips tersebut  :
  • Memfilter pertemanan. 
 
Memfilter pertemanan bertujuan untuk melindungi akun sosial media anda dari orang – orang yang mungkin anda tidak kenal ataupun orang – orang yang ingin bertindak negatif terhadap anda. Jadi anda jangan menambah dan  menerima permintaan pertemanan secara asal saja. Biasanya sih akun baru biar ada kepuasan tersendiri, menambah teman sebanyak-banyaknya. Melindungi akun dari orang tidak dikenal ini juga penting karena banyak sekali kasus yang awalnya hanya di sosial media.
  • Memasang identitas yang sesuai dengan diri anda. 
 
Hal ini juga penting gan, jangan sampai orang ataupun saudara kesulitan mencari akun kita kalau pas lagi darurat dan hanya medsos saja yang bisa digunakan untuk berkomunikasi.
  • Tidak perlu membagikan nomer telepon dan informasi pribadi lainya. 
Biarkan hanya orang yang nda kenal saja yang punya nomer telepon anda gan, kalau dipajang di sosial media  takutnya ntar ada  juga yang meyalahgunakan. Kecuali memang akun yang anda kelola memang untuk bisnis dan punya nomer telepon khusus tersendiri.
  • Pasang foto profil sewajarnya saja. 
Hal ini agar teman anda lebig mudah mencari anda gan, biasanya yang dilihat dulu kan fotonya. Tapi ya paaang sewajarnya saja, hindari hal-hal negatif di foto profil maupun foto yang anda uploud.
  •  Pikir dahulu sebelum mempublikasikan status ataupun komentar. 
 Baca juga : 
Karena memang kadang hanya mau buat candaan dan guyonan saja. Namun tanpa disadari malah bisa membuat kita bermaaalah. Misalnya jelekin orang lain, berita yang dibuat-buat dll.
Pikir terlebih dahulu apakah status yang anda buat memuat uraian negatif apa tidak.  Jangan sampai status dah teelanjur dibaca banyak orang malah baru tahu kalau status yang dibuat bermasalah.
  • Selalu jauhi perdebatan di media sosial.
 
Kalau perdebatan yang positif mungkin masih bisa anda ikuti namun kalau yang sudah mengarah ke negatif segera abaikan saja dan tinggalkan.
  • Pastikan akun anda memiliki proteksi keamanan yang baik. 
 
Keamanan yang baik seperti penggunaan kata sandi. Jangan sampai orang lain tau kata sandi anda. Pastikan anda sendiri yang tahu. Mungkin anda juga  bisa menambahkan keamanan lain yang telah disediakan pihak medsos.
Demikian postingan saya kali ini tentang 7 tips menjadi pengguna sosial media yang bijak. Sekiranya artikel ini bermanfaat, silahkan bagikan ke teman dan kerabat anda.

One thought on “Tips Bijak Menjadi Pengguna Sosial Media

Tinggalkan Balasan