Fungsi Load Cell Pada Timbangan Digital

Diposting pada
Gambar :www.transducertechniques.com
Berjumpa lagi di blog saya yang sederhana ini,  kali ini kita akan membahas
tentang Fungsi Load Cell Pada Timbangan Digital. 
Dalam mengatur komposisi campuran beton, di dalam batching plant terdapat beberapa timbangan. Diantaranya timbangan aggregat, timbangan semen, dan timbangan air. Timbangan sendiri terdiri dari wadah atau tempat tampungan, dan loadcell. Sebagai operator batching plant kita harus peka terhadap hal yang satu ini. Selain  juga harus mengerti tentang komponen timbangan, timbangan jenis digital juga memerlukan perlakuan khusus agar kita bisa meminimalisir kerusakan. Loadcell adalah bagian terpenting dari timbangan elektronik,
Apa itu loadcell ? 
Dan apa fungsinya ? 
Loadcell adalah sensor berat yang merupakan komponen utama dari sebuah timbangan. Dalam hal ini dapat dilihat tingkat keakurasian nya agak berbeda sesuai dengan jenis  dan brand yang digunakan. 
Prinsip kerja loadcell adalah saat loadcell diberi beban maka secara otomatis pada bagian inti besinya, nilai resistensi pada strain gauge akan ada perubahan. Di bagian loadcell terdapat empat kabel, 2 kabel untuk eksiatenai dan 2 kabel lainya untuk bagian keluaran (sinyal output). 
Loadcell sendiri mempunyai beberapa jenis diantaranya loadcell single ended beam, loadcell double ended beam, loadcell single point, loadcell type canister, loadcell s beam. 
Di batching plant sendiri kebanyakan memakai loadcell type s, dianamakan s karena bentuk loadcell menyerupai huruf s. 
Pada komponen loadcell terdapat strain gauge dimana diatas tadi sudah kita ketahui bahwa pada saat loadcell diberi beban berat maka nilai resistensi pada strain gauge akan ada perubahan. 
Strain gauge itu apa sih mas, dan apa fungsinya ? 
Strain gauge adalah sebuah konduktor yang ada pada  permukaan membran yang diatur sedemikan rupa dan mempunyai pola zig zag. Pada saat membran mengalami peregangan maka secara otomatis nilai resistensi nya akan berubah. 
Strain gauge berfungsi sebagai  sensor berat pada beban berat yang besar. 
Contoh di timbangan truck atau truck scale. 
Sekian penjelasan singkat mengenai loadcell timbangan. Semoga bermanfaat. 

Tinggalkan Balasan