Pertanyaan Interview yang Sering Ditanyakan Saat Melamar Pekerjaan

Diposting pada

Pertanyaan interview saat melamar pekerjaan kadang menjadi hal yang membayangi pikiran bagi mereka yang baru pertama kali mencari pekerjaan.

pertanyaan interview,wawancara,tips interview,interview kerja,tips wawancara kerja
Tips interview kerja

Walaupun memang sebelum interview ada beberapa tes seperti psikotes,perhitungan matematika , pengetahuan sosial dll. Namun menurut saya yang paling bikin gemeteran  itu interview. Kenapa demikian ? karena saat proses wawancara,secara tidak sadar  kita akan dihadapkan dengan pemilik perusahaan atau yang mewakili.

Dulu waktu saya pertama kali melamar kerja tentunya masih awam sekali dengan tata cara ataupun trik agar dapat di terima di perusahaan. Dari tes awal kalau cuman tes psikotes , pengetahuan ,matematika dll tentunya tidak asing juga sih. Namun kalau wawancara tentu saja masih grogi.

Ada beberapa pertanyaan interview yang kelihatanya cukup mudah untuk dijawab namun cukup membingungkan. Bahkan mampu membungkam mulut kita tanpa bisa menjawab.

Berikut beberapa pertanyaan interview saat melamar pekerjaan yang menurut saya cukup membingungkan dalam menjawab.

  • Coba ceritakan tentang diri anda !

Kelihatanya sepele banget bukan, namun jujur saja saya dulu waktu pertama kali interview kerja mengalami kesulitan menjawab soal ini. kalau menurut saya jangan menjelaskan diri kita yang ada di daftar riwayat hidup. logikanya kalau sudah ada di riwayat hidup kan dia bisa baca sendiri, kita jelaskan diri kita dengan pencapaian yang pernah kita capai dan jelaskan bahwa kita memang cocok untuk diterima dan bekerja di perusahaan miliknya.

  • Kenapa kami harus memilih anda untuk ikut di perusahaan kami ?

Memang simple sekali pertanyaan wawancara yang satu ini namun butuh jawaban yang tegas dan lugas mengenai skill anda. Jika pertanyaan wawancara ini muncul , silahkan anda jelaskan skill dan keahlian yang anda miliki. Yakinkan bahwa anda memang patut mendapatkan pekerjaan tersebut.

  • Apa kelebihan yang anda miliki ?

jelaskan kelebihan anda secara spesifik sesuai dengan pekerjaan yang ditawarkan. Misalnya dalam melamar pekerjaan tentang administrasi perkantoran, maka anda menjawab dengan mampu mengopreasikan komputer dengan baik (ms.word,excel.dan acces).

Ini contoh saja, sesuakan dengan kelebihan anda di banding peserta lain nya.

  • Apa kelemahan anda ?

Jangan berbohong ! utaraka saja secara jujur. Dulu saat saya mendapatkan pertanyaan ini saya jawab aja kalau kelemahan saya mudah marah. Dia langsung kaget dan menanyakan , “Beneran kamu mudah marah ?”

“Iya pak “.

Saya jawab ujur aja dan dengan tegas. Namun juga ada alasanya kenapa mudah marah. Tentunya ada yang mempengaruhi misalnya saja dengan keadaan yang jenuh dan banyaknya pekerjaan yang menumpuk. Setelah diterima kerja ya nanti disesuaikan dengan keahlian dan karakter personal kita masing-masing.

  • Bagaimana cara anda menyikapi konflik dan masalah ?

Sebagai pemilik perusahaan tentunya mereka juga ingin tahu tentang bagaimana cara anda menghadapi dan menyelesaikan konflik. Jelakan pengalaman anda dalam menyelsaikan masalah dengan teman ataupun dengan rekan kerja . Ceritakan dengan cara profesional sehingga mereka bisa percaya dengan kemampuan anda.

  • Kenapa anda berhenti dari pekerjaan lama ?

tentunya ini pertanyaan interview bagi mereka yang sudah pernah bekerja sebelumya. Ceritakan saja misalnya karena kontrak habis ataupun gaji tidak cocok dll.  Biansanya pertanyaan interview ini terkait dengan gaji anda. anda ceritakan saja gaji di perusahaan lama , bagaimana sistem kerja di perusahaan anda dulu. Hal ini supaya menjadi perbandingan antara perusahaan dulu dengan yang anda lamar sekarang.

  • Kalau anda diterima anda ingin gaji berapa ?

Kalau anda mendapatkan pertanyaan ini anda jawab saja sesuai nominal yang anda minta namun dengan patokan skill dan latar belakang pendidikan maupun pengetahuan yang anda miliki.

Usahakan negoisasi lebih fleksibel agar bisa memperoleh kesepakatan yang tidak mengecewakan anda.

  • Apakah ada pertanyaan lain yang ingin anda ajukan ?

Sebaiknya anda menanykan apa yang belum anda tahu dari perusahaan yang anda lamar. angan sampai anda menjawab tidak. karena ini kesempatan penting bagi anda untuk mencari tahu tentang seluk beluk perusahaan yang anda lamar.

Nah itu tadi beberpa pertanyaan interview yang sering ditanyakan saat melamar kerja. Semoga bermanfaat bagi anda yang sedang mencari tahu informasi tentang pertanyaan interview.

Jika anda belum jelas mengenahi tulisan saya diatas silahkan anda uatarakan di kolom komentar. Dan jika menurut anda artikel ini bermanfaat silahkan share ke ssosial media anda. Jangan lupa untuk memasukkan email di kolom berlangganan, agar anda tidak ketinggalan update an terbaru dari blog buruhseo.

Tinggalkan Balasan