Cara Menghasilkan Uang Dari Internet 

Diposting pada

Cara menghasilkan uang dari internet
Cara menghasilkan uang dari internet

Selamat datang di blog sederhana saya ini, Dipostingan saya kali ini saya akan sharing seputar cara menghasilkan uang dari internet.

Di jaman sekarang ini penggunaan internet menjadi kebutuhan yang selalu dipentingkan. Apalagi dengan dukungan smartphone yang canggih, hanya dengan genggaman tangan saja kita bisa tahu berita terbaru, sosial media dan kemudahan dalam berkomunikasi.

Tapi tahukah kalian kalau internet juga bisa menghasilkan uang ?
Tentu saja bisa.

Banyak dari kalangan pengguna internet yang bisa mencukupi kebutuhan sehari-hari hanya bermodalkan online dan ketekunan. Tapi jangan beranggapan kalau bisnis online itu cepat kaya ataupun cepat dapat uang banyak. Tentunya sama saja dengan bisnis offline, dibutuhkan juga kerja keras, ketekunan dan kreatifitas.

Banyak cara untuk menghasilkan uang dari internet. Mungkin cara ini sudah banyak dishare para blogger senior, disini saya cuma berbagi saja.

 Diantaranya sebagai berikut :

Youtube.

Kalian mesti tidak asing lagi dengan situs video yang satu ini. Banyak sekali video yang dapat kita tonton di youtube. Baik berupa berita, tips, tutorial, film dan hal – hal yang lagi viral lainya.

Baca juga  :

Apakah mereka membuat video dan di uploud ke youtube secara cuma-cuma Ataupun iseng saja?

Ya mungkin kalau cuman iseng ataupun cari sensasi itu hanya sebagian orang saja. Kebanyakan mereka menguploud video ke youtube supaya dapat dollar. Karena video yang sudah di bisa dikaitkan dengan adsense dari google akan ada reward setiap 1000 tayangan. Bagaimana kalau video yang diuploud viral dan ada ribuan bahkan jutaan penonton setiap harinnya?

Tentunya akan mendapatkan banyak dollar. Semakin anda kreatif membuat video semakin banyak pula peluang untuk mendapatkan uang dari youtube.

Terus caranya gimana supaya dapat uang dari youtube?

Menurut informasi yang saya baca dari dewaweb.com ada 10 cara yang harus kita lakukan supaya dapat uang dari video yang di uploud ke youtube.

Membuat chanel youtube.

Hal ini adalah langkah awal anda untuk dapat memulai bisnis ini. Buatlah chanel yang unik yang tentunya mempunyai karakteristik tersendiri dan berbeda dengan yang lain.  Silahkan anda login ke youtube dengan akun gmail anda kemudian buatlah sebuah chanel youtube. Pikirkan topik apa yang akan anda bahas di chanel anda. Ada banyak pilihan topik kok. Misalnya saja tentang tips, tutorial, video lucu, berita, video unik, musik,anime, video game, olahraga dan masik banyak lagi. Usahakan topik yang anda bahas sesuai dengan kemampuan anda. Hal ini bertujuan agar anda mampu mengupdate chanel anda. Jangan sampai nantinya anda sendiri jenuh dalam membangun chanel youtube karena topik yang anda bahas bertentangan dengan pemikiran anda.

Tentunya anda tidak ingin hal ini terjadi bukan ?

Dan kalau bisa tentukan topik yang luas.

Misalnya anda mempunyai topik tutorial.

Ada banyak kan tutorial yang bisa anda buat. Tutorial tentang bisnis, makanan, dll.

Buatlah seunik mungkin agar anda terlihat berbeda dan mendorong penonton untuk selalu mengikuti video terbaru dari anda.

Monenitasi chanel youtube. 

Langkah ini adalah agar video yang anda uploud bisa menghasilkan uang dari youtube. Caranya dengan masuk ke akun youtube anda, kemudian pilih creator studio, pilih chanel, pilih status and features kemudian klik enable monenitation. Menurut informasi yang beredar akun ataupun chanel youtube bisa melakukan monenitasi setelah video yang diupolud ke youtube sudah ditonton sekitar 10.000 views.

Menyambungkan chanel youtube anda dengan adsense google.

Setelah mengaktifkan fitur monenitasi, langkah selanjutnya silahkan anda sambungkan chanel youtube anda dengan adsense google. Nantinya pihak youtube akan menyediakan fitur kepada anda berupa youtube analityc yang mana bisa anda gunakan untuk melacak penghasilan adsense anda di youtube.

Optimalkan fungsi monenitasi pada chanel youtube anda. 

Agar fungsi monenitasi chanel youtube anda lebih maksimal, ada hal yang perlu diperhatikan. Berikut adalah hal yang harus anda perhatikan  :

Video yang anda uploud harus user friendly. Jangan menyalahi TOS dan CG yang telah dibuat oleh pihak youtube. Jangan plagiasi video. Ya semacam copas lah kalau artikel. Kalau bisa plagiasi jangan anda lakukan. Buatlah video  original dan dari pemikiran anda. Video yang sudah dimonenitasi akan memunculkan iklan di video berikutnya. Anda juga bisa melakukan convertion rate ke product page. 

Anda bisa menawarkan produk lewat video yang anda uploud. Hal ini bisa dikatakan promosi secara halus. Misal penyanyi yang mengenakan produk tertentu saat manggung. Kemudian video tersebut di uploud di youtube.

Menjual video anda. 

Semisal nya anda membuat video dan kemudian video anda hanya penggalan saja. Kalau mau nonton versi lengkapnya bisa membuka video di web anda dengan menautkan url web  anda di bagian deskripsi.

Memanfaatkan affiliasi. 

Misalnya saja kadang ada yang memasarkan produk melalui blog. Dengan membahas sebuah produk untuk dijadikan topik artikel. Akan tetapi kan ada juga yang males baca artikel ataupun tulisan panjang. Maka dari itu, ini kesempatan anda untuk memanfaatkan affiliasi dari video youtube.

Menarik sponsorship atau advertiser. 

Coba kalian amati para youtubers yang sudah terkenal di youtube. Pasti disetiap video mereka ada unsur sponsorshil dan advertisement. Dua hal ini lah yang mereka gunakan untuk mendapatkan uang dari youtube.

Anda juga bisa melakukan live speaking.

Ini bisa anda lakukan ketika anda sudah mendapatkan banyak penggemar di youtube. Anda bisa membuat fans chanel youtube anda. Anda juga dapat mempromosikan konten anda pada saat acara berlangsung. Kalau ada penjadwalan meeting bareng dengan fans chanel youtube anda. Nantinya anda akan tahu lebih detail mengenai target market anda.

Anda harus berfikir diluar kebiasaan. 

Kalau orang barat bilang ya out of the box, hehe. Tujuan agar ide yang anda kembangkan bisa menjadikan video yang lebih kreatif dan bisa menghasilkan views yang banyak pula.

Dibawah ini ada beberapa contoh tipe video di youtube yang dapat menghasilkan uang.

Diantaranya :

Video tipe tutorial. 

Kalian pasti tahu lah tipe video ini, banyak sekali video tutorial yang ada di youtube. sekarang juga para pengguna internet bagi yang tidak suka membaca artikel web akan langsung mencari panduan di youtube.

Anda juga bisa mencoba membuat video ini. Misalnya anda gemar otomotif anda bisa membuat cara stel karburator sepeda motor ataupun cara memperbaiki lampu sein mati,dll. Sesuaikan kreatifitas anda dengan kemampuan anda agar bisa menghasilkan video yang viral.

Tayangan voice narasi. 

Anda juga bisa membuat video berupa komentar anda terhadap suatu kejadian, berita ataupun film dan musik. Komentar anda berupa opini yang mungkin bisa viral juga.

Tayangan berupa list.

Anda bisa mengumpulkan fakta mengenai hal – hal tertentu dan kemudian buat kesimpulanya dengan gaya bahasa anda. Misal membuat video “10 manusia tertinggi didunia”. Itu juga bisa menarik penonton untuk mengeklik video anda untuk ditonton.

Tayangan ilustrasi. 

Tayangan berupa ilustrasi biasanya mengedukasi kita untuk mengerti fakta dari suatu hal ataupun kejadian. Hal ini juga banyak dicari di youtube.

Itu tadi contoh tipe video yang dapat menghasilkan uang dari youtube.

Lalu juga ada beberapa hal yang anda perlu perhatikan lagi. Yaitu tentang hal yang boleh anda lakukan dan yang tidak boleh anda lakukan di youtube.

Berikut hal yang perlu dan boleh anda lakukan ketika mau mendapatkan  uang dari internet melalui youtube.

Anda harus membuat video yang bagus baik resolusi maupun sudut pengambilan gambar. Membuat video yang menarik penonton. Jadi penonton akan menonton video anda dari awal hingga akhir. Mengajak penonton chanel anda untuk berkomentar dan share video anda. Mengajak penonton untuk subscribe chanel anda. Membuat video dan mengupdate chanel anda sesering mungkin. Yang penting teratur aja, misalnya sehari 1 kali atau 2 hari 1 kali. Buatlah penonton penasaran dan selalu mengikuti chanel anda. Mensosialisasikan chanel anda di berbagai sosial media.

Nah sekarang hal yang tidak boleh anda lakukan ketika ingin mendapatkan  uang dari internet melalui youtube.

Jangan melakukan copy paste video karena video juga ada hak ciptanya gan. Jangan membuat video yang melanggar kebijakan youtube.

Nah itu tadi sekilas tentang cara menghasilkan uang dari internet melalui youtube.

Baca juga :

Tahu nggak ??? Sekarang nonton video youtube bisa dapet uang jutaan rupiah

Timebucks ! Situs penghasil uang terbaru dari australia

Blogging

Blogging bisa dikatakan menyalurkan hobi melalui tulisan, seperti tulisan pertama di pos kali ini. Menyalurkan hobi menulis lewat blog memang bisa menghasilkan uang, bukan sekedar hobi saja. Banyak kok para blogger yang sukses lewat blog pribadinya. Bisa menghasilkan uang lewat blog memang menjadi tujuan para blogger.  Saya juga begitu, memang sih saya belum bisa menhasilkan uang lewat blog. Tapi nanti kedepanya saya juga akan mencoba mendaftarkan blog saya ke google adsense. Tapi memang kalau hanya uang tujuan utama mungkin saat ditolak adsense akan jadi males. Saya awalnya sudah membuat blog. Namun ditolak google adsense. Kalau sekarang mah, saya mau menyalurkan hobi saya saja sambil berusaha dengan blog baru ini mudah-mudahan bisa diterima google adsense.

Itu tadi curhat saya, sekarang lanjut ke topik.

Mendapatkan uang dari internet tidak mudah seperti yang anda bayangkan. Sekali lagi jangan fokus ke  uang dulu. Lebih baik mengisi blog dengan artikel yang berkualitas dan paling banyak dicari di google search. Kalau banyak pengubjung ke blog kita, kan semakin banyak peluang untuk mendapatkan uang dari internet. Misal dengan google adsense.

Setelah saya membaca cara menghasilkan uang dari internet melalui blog di dewaweb.com, ada beberapa tahapan yang harus dilakukan untuk mendapatkan uang dari blog.

Diantaranya :

Memulai membuat sebuah blog.

Tahap pertama Yang  harus anda lakukan adalah membuat blog. Anda bisa menggunakan blogspot maupun wordpress. Saran saya gunakan yang menurut anda mampu dan anda mengerti untuk mengelolanya. Kalau saya sendiri menggunakan blogspot. Karena saya lebih mengerti daripada platform lain.

Setelah membuat blog atur menu navigasi di blog seperti widget, profil, arsip blog, populer blog dll. Kemudian pilih juga temanya yang menurut kalian simple. Pilih jenis tema yang simple dan gak neko-neko. Karena tujuan nya agar loading blog menjadi lebih ringan. Kalau loading blog ringan pengunjung akan merasa nyaman. Coba bayangkan kalau loading blog terasa berat ?

Mungkin pengunjung akan membatalkan kunjungan ke blog anda.

Membuat konten yang berkualitas dan bermanfaat bagi pembaca.

Sebelum membuat konten, sebaiknya pikirkan terlebih dulu topik apa yang akan anda bahas di postingan blog anda. Misal tentang internet dan android, ataupun topik tentang pekerjaan anda. Usahakan topik yang dipilih anda menguasainya. Sama halnya dengan membuat topik chanel youtube,topik sebaiknya dikuasai terlebih dahulu. Tujuanya juga sama, agar nantinya anda tidak kehabisan ide untuk mengisi update an blog anda. Usahakan konten yang anda buat itu menginspirasi, mengedukasi pembaca. Jadi pengunjung yang datang mengunjungi blog anda akan merasa betah membaca postingan anda. Karena menurut pengunjung artikel anda bermanfaat. Dan kemungkina besar pengunjung akan mengunjungi lagi blog anda di lain waktu saat anda mempublikasikan postingan baru.  Kalau pengunjung betah di blog anda, tentunya akan menaikkan page view harian blog anda. Kalau nantinya blog anda  sudah di terima google adsense, peluang untuk menghasilkan uang dari internet melalui blog pun juga akan besar.

Menemukan pembaca untuk blog anda.

Selanjutnya yang sebaiknya anda lakukan adalah mempromosikan blog anda. Bisa lewat media sosial baik facebook, twiter, dll. Perkenalkan blog anda kepada teman – teman anda, jangan takut kalau blog anda itu jelek. Karena yang menilai bagus atau jelek itu orang lain. Jangan takut di kritik, sebaliknya menganggap kritikan sebagai motivasi untuk terus membagun blog anda. Semakin banyak orang yang mengenal blog anda, maka semakin banyak pula pengunjung yang datang ke blog anda, dan semakin banyak pula  anda bisa menghasilkan uang dari internet melalui blog. Anda juga bisa mengiklankan blog anda lewat blogger dengan klik kampanye, tapi ada biaya nya juga. Bisa juga lewat facebook ads yang juga berbayar. Kalau mau yang gratis ya itu tadi pakai medsos.

Mendekati pembaca atau pengunjung blog anda.

Setelah blog anda terkenal dan mempunyai banyak pembaca,  sebaiknya anda dekati pengunjung blog anda. Seperti merespon komentar mereka. Buatlah pengunjung blog anda betah di blog anda dan selalu mengikuti blog anda.

Kalau pengunjung betah di blog anda kemungkinan besar mereka bisa merekomendasikan blog anda dan share artikel anda. Kalau sampai mereka share artikel dan merekomendasikan blog anda. Berarti mereka para pengunjung blog ikut membagun blog anda.

Sekarang saatnya menghasilkan uang dari internet melalui blog dengan berbagai saluran pendapatan.

Setelah mempunyai banyak pengunjung dan pembaca yang setiap hari stabil atau bahkan terus naik. Saatnya anda bisa memulai mendapatkan uang dari blog.

Ada banyak saluran pendapatan yang bisa anda pilih untuk mendapatkan uang dari internet.

Banyak yang mungkin beranggapan bahwa pendapatan uang melalui blog itu hanya lewat adsense saja. Padahal masih ada yang lain juga.

Berikut ini adalah sumber pendapatan uang melalui blog :

Mendapatkan uang dari blog melalui pendapatan iklan.

Kebanyakan blogger melakukan hal ini. Mereka berusaha agar bisa mendaftar dan diterima di adsense. Setelah mempunyai trafik yang bagus dan pengunjung yang lumayan tentunya. Anda bisa mencari pengiklan langsung ataupun mendaftar google adsense.

Melalui program afiliasi.

Dengan program afiliasi anda juga bisa mendapatkan uang dari internet melalui blog yang anda punya. Misalnya anda mereview sebuah produk online, kemudian anda membuatkan artikel untuk mereview produk online tersebut dengan menyematkan tautan didalamnya. Kemudian setelah anda mempublikasikan nya, ada pengunjung blog yang tertarik dan mengeklik tautan di postingan anda dan membeli produk tersebut. Maka nantinya penjual produk yang anda promosikan  akan memberikan komisi sesuai dengan kesepakatan antara anda dan penjual produk online.

Anda bisa mengadakan sebuah event.

Meskipun cara ini jarang dipakai para blogger. Namun tidak menutup kemungkinan bisa mendapatkan uang juga. Misal mengadakan event anda sebagai motivator blogger ataupun anda pintar dalam bloging. Nantinya akan ada honor dari pendengar ataupun sponsor event.  Kalau yang ini mungkin blogger yang sudah benar-benar senior. Palahan kalau yang ini penghasilan nya bisa didapatkan langsung.

Recurring income atau membership.

Kalau artikel anda bermanfaat dan banyak dicari pembaca.anda bisa menjadikan konten yang anda buat menjadi premium. Jadi kalau mau mengaksea artikel anda ada biaya sendiri yang akan dibayarkan pengunjung blog baik itu harian bulanan maupun tahunan yang dibayar langsung ke rekening anda.

Tentunya konten yang anda buat benar-benar berkualitas bagus.

Menjual jasa ataupun layanan.

Anda juga bisa menjual jasa melalui blog. Misal anda gemar menulis artikel, kemudian anda membuka jasa penulisan artikel. Tentunya akan menjadikan pendapatan tersendiri.

Menjual produk melalui blog anda.

Anda juga bisa menjual produk digital berupa ebook ataupun software dll. Memang si hal ini perlu keahlian khusus dalam pembuatanya. Namun penghasilan yang dihasilkan tak akan mengingkari proses.

Itu tadi cara menghasilkan uang dari internet melalui youtube dan blog.

Sekali lagi, jangan beranggapan bahwa mendapatkan uang dari internet itu mudah, gampang dan cepat. Baik offline maupun online juga membutuhkan kerja keras dan ketekunan. Sebenarnya ada banyak cara untuk menghasilkan uang dari internet lainya. Misalnya menghasilkan uang lewat situs survey, lewat pemendek url, penyimpanan file dan masih banyak lagi. Tentunya akan saya share di lain waktu.

Demikian artikel saya kali ini tentang cara menghasilkan uang dari internet.

Semoga bermanfaat dan bisa menginspirasi anda untuk bisa menggunakan smartphone anda agar lebih bermanfaat lagi. Sekiranya artikel ini bermanfaat silahkan share ke media sosial anda.

 

 

 

gunakan internet untuk hal positif, manfaatkan perangkat anda untuk berkreasi, yang kemungkinan besar anda akan sukses didalamnya “

 

3 thoughts on “Cara Menghasilkan Uang Dari Internet 

Tinggalkan Balasan