10 Mitos Orang Jawa Ini Terdengar Aneh, Namun Terdapat Nasehat Bijak !

Diposting pada
Mitos orang jawa.
Dalam kehidupan di Indonesia yang mempunyai keberagaman dan keindahan budaya, juga mempunyai hal unik yang dianggap mitos. Contohnya saja dijawa, ada berbagai macam mitos yang mungkin kalau didengar itu tidak masuk akal, padahal para orang tua sebenarnya ingin menyampaikan nasihat yang tersemat dalam mitos tersebut.
Karena saya sendiri juga merasakan nya, jarena memang saya dilahirkan di Jawa. Dulu waktu kecil sering banget kalau orang tua saya melarang dengan kata-kata “ora ilok” atau kalau dalam bahasa indonesia nya artinya gak boleh. Misal ” ora ilok le nek njagong ng nduwur bantal, ngko ndak bokongmu wudunen”.
mitos orang jawa,fakta anak ketiga,genderuwo,pantangan ibu hamil,suku jawa,larangan saat hamil,mitos ibu hamil,pamali jawa,pantangan ibu hamil
Kalau dalam bahasa indonesia kurang lebih artinya begini, nggak baik nak kalau duduk diatas bantal, ntar bokongmu bisa bisulan.
Sebenarnya kalau dipikir-pikir si, mitos orang jawa ini  kayak gak masuk akal kan?
Masa iya hanya duduk di atas bantal aja bisa bisulan?
Namun sebenarnya orang tua kita mau menasihati kita. Kalau bantal itu buat kepala, gak baik kan barang untuk kepala kok diduduki. Terus ada juga begini “ojo njagong ning nduwur bantal yo le, ndak ngko nek pas bantale gawe turu marakke ndase mumet”.
Jangan duduk diatas bantal nak, ntar kalau bantalnya buat tidur bisa bikin kepala pusing.
Ya kira – kira nasehatnya ya seperti tadi, bantal kan buat kepala gak baik kalau diduduki.
Banyak sekali mitos – mitos yang ada di jawa yang didalamnya mengandung nasihat bijak.
Berikut ini ada sepuluh mitos orang jawa yang di dalamnya mengandung nasihat bijak.

Jangan makan buah dengan bijinya, karena nanti bisa tumbuh pohon diatas kepala.

Mitos orang jawa yang pertama ini merupakan mitos yang  paling populer untuk menakuti anak kecil, karena saya dulu waktu kecil ditakuti juga hal semacam ini. Dulu saya kalau gak salah makan buah salak. Karena makanya sambil guyon. Eh, malah tertelan juga bijinya. Terus kakek saya bilang. “nek mbok pangan sak isine, sesuk biso tukul ning nduwur sirahe wit salak”.
Jadi kata kakekku, kalau dimakan sama isinya. Besuk bisa tumbuh diatas kepala tuh pohon salak. Gak masuk akal sih, tapi gimana ya namanya juga masih kecil, ya masih gampang aja ditakutin.
Kebayang kan pagi-pagi bangun tidur diatas kepala ada pohon salak yang keluar dari ubun-ubun?
Tapi itu kan hanya mitos saja. Gak mungkin kan, sewaktu kita jalan diatas kepala tumbuh pohon ?

Dari mitos ini sebenarnya ada pesan dan nasihat yang ingin disampaikan. Bahwa kita diajarkan untuk melestarikan lingkungan. Jangan dimakan sama bijinya, biarkan bijinya tumbuh dan menjadi pohon baru yang nantinya kalau berbuah bisa kita nikmati lagi buahnya.

Kalau makan harus dihabiskan, kalau tidak nanti binatang peliharaan kita bisa mati.

Mitos orang jawa yang kedua ini juga sering saya dengar dari dulu bahkan sampai sekarang, karena saya kalau makan memang agak susah sih.
Gak masuk akal juga sih, biasanya mitos ini ditujukan bagi anak kecil yang memang makanya susah seperti saya, hehe.
“nek mangan di telaske le, nek ra mbok telaske ndak mengko pitikmu mati “.
Namun didalamnya sebenarnya ada nasihat kok. Supaya kita menghargai dan mensyukuri rejeki yang diberikan alloh. Karena diluar sana memang maaih banyak orang yang kesusahan. Jangan kan tempat tinggal, untuk makan saja mereka susah.

Jangan keluar diwaktu senja, nati bisa dimakan kolo.

Tentunya anda pernah mendengar mitos orang jawa yang satu ini bukan ?
Dulu waktu kecil pasti kalau sudah min sma temen pasti lupa waktu. Ingat waktu itu kalau main bola pasti sampai magrib. Anak-anak pasti dicari sama ibunya sambil bawa “carang” (potongan bambu kecil).
Kalau sudah sampai rumah, pasti langsung diomelin. “ojo metu wayah magrib, sambikolo”.
Kolo atau kala kalau dalam bahasa indonesia bisa diartikan waktu. Jadi jangan keluar waktu senja nanti dimakan waktu. Maksut dimakan waktu yaitu termakan waktu atau ketinggalan waktu. Memang waktu magrib begitu pendek, sehingga jangan sampai ketinggalan waktu. Para orang tua takut anaknya terlena karena saking asiknya bermain mereka lupa waktu.
Baca juga :

Jangan duduk diatas bantal nanti bokongnya bisa bisulan.

Seperti diawal yang saya jelaskan tadi, kalau duduk diatas bantal bisa bisulan. Nasihatnya, bantal kan barang yang digunakan untuk kepala sehingga tidak baik kan kalau diduduki.

Kalau menyapu diarahkan kepintu depan akan menjauhkan rejeki.

Mitos ini muncul ketika sekelompok orang membangun rumah tidak ada pintu belakangya. Di jawa kalau bangun rumah disertai pintu belakang itu fungsinya untuk menyapu mengeluarkan kotoran ketika menyapu. Ataupun sebagai keluar masuk saat ada tamu, sehingga tidak mengganggu.
Coba kalau gak ada pintu belakangnya,saat ada tamu duduk dan berbincang diruang tamu. Sementara anak kita keluar masuk secara terus menerus, kan mengganggu tamu. Sama halnya dengan menyapu. Saat ada tamu, karena pintu belakang tidak ada,di diruang tamu masih menumpuk kotoran yang disapu. Sesaat kemudian ada tamu, akan dirasa kurang sopan kan ?

Mencuci kaki sebelum masuk setelah bepergian, karena kalau tidak bisa ditempeli.

Dirumah rumah jaman dulu, pasti di pinggir rumah ada semacam kendi atau gentong yang berisi air. Saya masih ingat jaman dulu itu namanya “padasan”. Digunakan untuk wudhu ataupun mencuci muka dan kaki sebelum masuk rumah. Katanya kalau setelah bepergian dan ingin masuk rumah harus cuci kaki dulu kalau gak biaa ditempeli. Di tempeli disini mempunyai maksud dirasuki mahluk halus. Jadi bisa kerasukan.
Walaupun pada jaman sekarang kadang kerasukan merupakan hal yang mudah diterima dan dipercaya. Tapi pada intinya, dengan mencuci kaki sebelum masuk kerumah, kita senantiasa menjaga kebersihan rumah.

Dilarang menyapu pada saat malam hari.

Di jawa ada larangan untuk menyapu lantai dimalam hari. Memang tidak ada akibat yang di jelaakan seperti mitos – mitos lainya. Namun ini tidak hanya kata – kata yang tidak ada maknanya. Pada zaman dahulu belum ada yang namanya listrik. Peneeangan hanya dari lampu minyak yang redup. Sehingga kalau nyapu dimalam hari bisa menyapu benda – benda lainya juga. Selain itu,waktu malam hari memang waktu untuk beristirahat. Tidak seharusnya untuk menyapu yang akan menyebarkan debu dan juga mengganggu yang lagi istirahat.

Tidak boleh meludah sembarangan, nanti bibirnya bisa sumbing.

Kalau mitos ini biasanya ditujukan untuk menakuti anak kecil . Karena anak kecil kalau lagi berantem biasanya saling meludah.
Hal ini mengajarkan agar kita saling sopan santun dan menjaga etika.

Anak perempuan yang belum menikah dilarang makan ayam bagian sayap, karena akan jauh jodohnya.

Mitos orang jawa yang ini berkaitan dengan jodoh bagi anak perempuan. Kalau lagi makan ayam nih, anak – anak selalu ditakuti dengan mitos. “ojo mangan pelo, ngko ndak di pepelo wong”. “ojo mangan brutu, ngko ndak getun”. Salah satunya juga ini “ojo mangan suwiwi, ndak adoh jodomu”.
Ya secara logika saja bagian sayap itu memang kurang gizinya daripada bagian lain seperti paha dan dada. Kalau suka makan sayap kan kurang gizi, kalau kurang gizi kan gak baik buat tubuh. Gimana mau dapat jodoh kalau tubuh kekurangan gizi ?
Iya nggak ?

Jemuran yang dibiarkan sampai gelap, saat kita memakainya kita akan sakit.

Mitos orang jawa yang terakhir yaitu teng jemuran. Sebenarnya jemuran yang sudah kering dan dibiarkan saja, maka akan kena embun dan lembab. Sehingga saat memakainya kita bisa maauk angin. Makanya orang dulu bilang angkat jemuran sebelum petang. Hal ini juga memperingatkan agar jemuran tidak kehujanan, bukankah kita tinggal di negara dengan curah hujan tinggi?
Makanya jangan biarkan jemuran yang sudah kering ya gan !
Stelah membaca uraian diatas tentunya sudah tahu dong, betapa orang jawa jaman dulu itu ternyata pitar. Itu baru di jawa, padahal indonesia memiliki banyak suku dan kebudayaan dan tentunya banyak pula petuah dan nasehat yang dimiliki.
Dan tentunya sekarang kita gak asal nebak kan kenapa sih orang tua selalu melarang ini itu ?
Semoga uraian tentang mitos orang jawa ini bisa bermanfaat.
Jangan lupa like, share dan komentarnya gan !

Tinggalkan Balasan