Kalau anda mau bangun rumah pilih batu bata atau hebel ?

Diposting pada
Gambar :nikifour.co.id
Mempunyai rumah sendiri adalah idaman semua orang, namun yang menjadi kendala pasti biaya kan ? pasti iya,  kalau saya sih hehe.
ok,  kalau misanya sobat mau bangun rumah kira-kira pilih batu bata merah atau hebel ?
Mungkin dari sobat semua ada yang masih ragu.
Hebel itu apa sih mas ?
Hebel itu adalah bata ringan yang terbuat dari material beton yang di buat di pabrik.  Beratnya lebih ringan daripada bata umumnya. 
Batu bata ringan terdiri dari dua jenis yaitu AAC dan CLC. 
AAC adalah singkatan dari Autoclaved Aerated Concrete dan CLC adalah singkatan dari Cellular Lightweight Concrete. 
keduanya hampir sama sih,  menempatkan gelembung udara ke dalam mortar agar berat yang di hasilkan menjadi lebih ringan. 
lalu apa sih bedanya antara AAC dan CLC ?
 Bedanya hanya pada proses pengeringanya bro.. 
kalu AAC dikeringkan dengan oven bertekanan tinggi,  sedangkan CLC mengalami pengeringan dengan cara alami. 
sampai disini sobat mungkin dah tau ya tentang bata ringan. 
pasti sudah tau dong… 
lanjut.. 
Terus apa sih,  kelebihan bangun rumah pakai   bata ringan ? 
kelebihan nya kalau pakai bata ringan
Ringan. Tahan api. Tahan air. Kedap suara. Akurat dan presisi. Efisiensi Energi. Hemat waktu. Mudah dalam pengerjaan. Tahan lama. Ramah lingkungan. 
kalau ada kelebihan pasti ada kekurangan kan ? 
iya nggak ? 
kekurangan dari bata ringan atau hebel
Harga material mahal. Perlu tukang dengan keahlian khusus. Ada jenis bata ringan yang harus pakai semen khusus. Sulit dipaku karena bersifat preforated. 
Terus gimana cara pasang bata ringan mas ? 
caranya sama aja dengan bata merah kok. 
sebelumnya siapkan alat-alat kerjanya ya.. 
Siapkan adukan dengan cara 
Masukan adukan kering Semen instan ke dalam bak adukan.Tuang air sebanyak 6,0-6,5 liter untuk kantong Semen instan pasangan bata ringan.Aduk campuran diatas hingga rata.
Kemudian, bersihkan dasar permukaan dari serpihan, kotoran dan minyak yang dapat mengurangi daya rekat adukan. Lalu, pasanglah bata dengan tebal spasi 10 mm. Jangan lupa untuk membasahi bata ringan yang hendak dipasang dengan air terlebih dahulu. Ini dilakukan karena bata memiliki daya serap air yang cukup tinggi, yaitu sebesar 20 gram/menit. Kemampuan yang dimiliki bata ringan ini bisa membuat campuran mortar mengalami dehidrasi sebelum proses pengerasan terjadi karena terserap oleh bata kering. Oleh karena itu, sebaiknya basahi dulu bata bata sekitar 1-2 menit sebelum dipasang.
Jika menggunakan semen pasangan bata, dalam 1 x 24 jam setelah bata ringan selesai dipasang, Anda sudah bisa mem-plester dinding bata tersebut menggunakan plestaran dan 1×24 jam selanjutnya Anda bisa mengacinya menggunakan acian.
kalau pakai bata merah gimana mas ? 
terlebih dahulu kita harus tahu bata merah ya hehe.. 
kalau bata merah pasti tidak asing lagi, dinding rumah kalian pakai bata merah kan ? 
kalau matrial ini mah gak usah diragukan lagi kekuatanya,  katena dah digunakan daro jaman nenek moyang.
coba anda tengok jaman bangunan dulu,  itu katanya hanya menggunakan bata merah,  pasir,  semen nya pun semen merah dari batu bata yang ditumbuk. 
bata merah adalah matrial untuk dinding yang dibuat dari lempung atau tanah liat  lalu di keringkan,  setelah kering baru lagi di bakar. 
sama aja dengan bata ringan, bata merah pun juga mempunyai kelebihan dan kekurangan. 
kelebihan bata merah
Mudah untuk di susun dan di pasang sehingga tidak memerlukan keahlian terntentuMudah diangkut karena ukurannya yang kecilHarganya cukup murahTidak memerlukan perekat khusus (cukup semen dan pasir)Tahan panas sehingga melindungi bangunan lebih lama dari api.
nah, kalau kekurangan nya gimana mas? 
nih kekurangan nya 
Sulit membuat pasangan bata yang rapi Bahannya adalah bahan yang menyerap panas saat musim panas dan menyerap dingin saat musim dingin, sehingga suhu ruangan di dalamnya tidak stabil Cenderung boros dalam menggunakan material perekat. Bata merah adalah material yang cukup berat sehingga menimbulkan beban lebih pada struktur bangunan. 
nah sampai disini,  sobat dah jelas kan penjelasanya? 
terus bagusan mana mas ? 
kedua nya bagus kok.. bisa juga  sobat simpulkan sendiri setelah tahu kelebihan dan kekurangan dari keduanya. 
dilihat dulu dari struktur bangunan yang akan dibuat.  1 lantai apa lebih. 
kalau cuma satu lantai lebih baik pakai bata metah,  kalau lebih dari satu lantai,  maka lantai 1 batu bata metah,  lantai seterusnya pakai bata ringan. 
sekian artikel tentang KALAU MAU BANGUN RUMAH PILIH BATA MERAH APA BATA RINGAN ? 
semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua,  kalau anda berpendapat lain silahkan utarakan di komentar.

Tinggalkan Balasan