Cara Membuat Tempe Sendiri di Rumah dengan Mudah dan Benar

Diposting pada

Cara membuat tempe

Cara membuat tempe

Cara membuat tempe, cara membuat tempe sendiri, cara membuat tempe yang benar, video cara membuat tempe, cara membuat tempe beserta gambarnya, teks prosedur cara membuat tempe, cara membuat tempe tanpa ragi, cara membuat tempe mentah, cara membuat ragi tempe, cara membuat tempeh
gambar : corporate.kimiafarmaapotek.co.id

Tempe adalah salah satu makanan jenis lauk khas dari indonesia. Makanan ini banyak di jumpai di sekitar kita.

Tempe terbuat dari bahan baku kedelai. Kita tahu bahwa banyak kandungan zat yang bagus di dalam kedelai dan sangat berguna untuk tubuh kita. Cara membuat tempe

Dalam pembuatan nya, tempe memerlukan banyak proses dari kedelai sampai bisa di jadikan santapan. Prosesnya pun juga terbilang cukup lama dan perlu keahlian khusus.

Kenapa saya utarakan perlu keahlian khusus ? Cara membuat tempe

Kalau tidak memerhatikan langkah-langkah pembuatan tempe dengan benar, bisa dipastikan tempe tidak akan jadi sewaktu proses fermentasi.

Lauk khas indonesia ini pada jaman sekarang sudah agak langka pembuatnya. Cara membuat tempe

Di tempat daerah saya pun, hanya orang tua saja yang sampai sekarang masih menekuni usaha ini.

Cara membuat tempe yang akan saya ulas dalam artikel ini mungkin ada perbedaan dengan artikel lain, tapi ini didasarkan pada latar belakang orang tua yang memang kebetulan sebagai produsen tempe dan sudah bertahun-tahun tentunya. Cara membuat tempe

Berikut akan saya bagikan cara membuat tempe menurut orang tua dari buruhseo. Cara membuat tempe

Cara membuat tempe sendiri di rumah

Dalam membuat tempe ada enam proses utama yang perlu anda tahu, yaitu perendaman, perebusan, pembersihan ,pengkukusan, pembungkusan dan fermentasi. Cara membuat tempe

Bahan yang perlu anda siapkan tentunya kedelai, pembungkus, ragi khusus untuk tempe. cara membuat tempe

Alat yang dibutuhkan : wadah untuk merebus kedelai, wadah untuk pembersihan kulit dan pencucian. Wadah tempat untuk mengkukus, wadah untuk pendinginan kedelai yang sudah matang, pembungkus ( daun atau plastik bisa dipilih salah satu).

Dari ke enam proses utama yang sudah saya jelaskan diatas mari kita uraikan satu persatu. Cara membuat tempe

Proses perendaman.

Dalam proses perendaman, kedelai direndam kurang lebih 13 jam.

Proses perebusan.

Setelah melewati proses perendaman, kedelai kemudian direbus sampai lunak. Hal ini bertujuan agar saat proses pembersihan (pemisahan kulit dan daging kedelai) bisa mudah dilakukan.

Proses pembersihan.

Dalam proses ini, pisahkan (kupas) kulit kedelai dengan daging kedelai. Kemudian cuci dengan air sampai benar-benar bersih. Cara membuat tempe

Proses pengkukusan.

Proses pengkukusan bertujuan untuk mematangkan kedelai sampai benar-benar matang. Setelah kedelai lunak, angkat dan dinginkan.

Proses pembungkusan dan fermentasi.

Sebelum dibungkus, kedelai di beri ragi. Hal ini bertujuan agar kedelai bisa melalui proses fermentasi.

Dalam pembungkusan anda bisa memilih mau dibungkus daun ataupun plastik. Kalau di bungkus dengan plastik, beri tusukan pada beberapa bagian pembungkus menggunakan jarum, lidi atau sejenis.

Setelah itu letakkan di tempat yang suhunya sedang, dan biarkan selama 3 hari.

Dua hari pertama tutup dengan rapat (bisa menggunakan kain) , hari ketiga baru di buka tutup nya kemudian di taruh di tempat terbuka satu persatu, jangan sampai menumpuk.

Sampai disini proses pembuatan tempe sudah selesai. Silahkan anda coba sendiri membuat nya di rumah.

Selain untuk lauk, tempe juga bisa disajikan dalam bentuk lain. Misalnya saja di buat keripik, tempe kering,oseng pedas dll. Tentu anda lebih tahu dengan makanan khas dari tempe yang ada di sekitar anda.

Cara membuat tempe, manfaat temppe bagi kesehatan
Manfaat tempe bagi kesehatan

Kandungan pada tempe sangat bagus untuk tubuh. Dalam tempe terdapat kandungan serat pangan, kalsium, vitamin B dan zat besi. Tempe merupakan sumber protein nabati.

Baca juga :

Cara Membuat Seblak Ceker Sendiri dengan Mudah dan Praktis

Dengan banyak nya kandungan dan zat yang ada di dalam tempe, berikut manfaat mengkonsumsi tempe bagi kesehatan tubuh menurut blog manfaatsehatnya.

  • Sebagai sumber protein bagi tubuh.

Banyak nya kandungan protein pada tempe yabg mudah di cerna tubuh, tempe cocok untuk anda yang lagi diet. Cocok juga bagi anda yang profesinya athlet binaraga dll.

  • Sumber vitamin yang besar untuk tubuh.

Vitamin yang utama (vitamin B) dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh,meningkatkan hormon pertumbuhan, mencegah sakit anemia dan lainya.

  • Menurunkan resiko sakit akibat serangan jantung.

Kandungan lemak tak jenuh, omega 3 dan 6,niasin dapat menurunkan resiko serangan jantung.

  • Dapat mencegah animea.

Kandungan mineral yang mudah diserap tubuh tentunya dapat mencegah animea.

  • Mencegah diare dan kolera.

Zat antibiotik pada tempe bisa moencegah terjadinya infeksi pada bakteri E coli.

Itu tadi sepintas tentang manfaat tempe bagi kesehatan , masih banyak manfaat lain yang bisa anda dapatkan. Langsung saja anda bisa baca langsung di blog rujukan saya diatas.

” buatlah hal sederhana menjadi lebih bermakna bagi orang di sekitar anda. “

19 thoughts on “Cara Membuat Tempe Sendiri di Rumah dengan Mudah dan Benar

  1. Iya saya tahu itu karena orang tua sendiri produsen tempe mas.. Hehe.. Pernah ada kesalahan sedikit, semuanya tidak jadi mas.. Jadi menurut saya memang perlu ketelitian dan keahlian tersendiri

Tinggalkan Balasan