Sekilas Pengalaman Menghadapi WordPress yang Eror

Diposting pada

Semenjak pertama kali menggunakan WordPress dari awal tahun 2018 sampai sekarang (kurang lebih 4 bulan) saya baru mengalami 2 kali di buat pusing oleh blog ini.

Yang pertama, masih ingat pada bulan kedua kolom komentar pada blig ini ditutup. Jadi tidak bisa di komentari oleh siapapun. Sempat baca sana – sini namun tetap tidak ketemu solusinya.

Punya blog yang tidak bisa di komentari di postingan nya itu seakan menggambarkan sipemilik blig yang sombong dan egois.

Saya tidak mau terkesan seperti itu. Beberapa cara yang saya coba memang tidak berhasil, sampai akhirnya saya memutuskan untuk mengganti komentar bawaan WordPress dengan disqus.

Beberapa hari memang lancar, namun rasanya kurang begitu sempurna. Kenapa demikian ?

Karena pengikut blog yang memakai aplikasi wordpress tentu tidak bisa memberi komentar langsung di blog. Mereka harus login dulu dengan berbagai tindakan yang membuat mereka tidak jadi memberikan komentar.

Namun setelah beberpa hari akhirnya ketemu juga solusinya.

Bisa anda baca dulu cara memperbaiki kolom komentar wordpress yang ditutup.

Dan hari ini (saat post ini terbit) adalah saat dimana saya dibuat puyeng yang ke dua kalinya oleh blog ini.

Dari malam sampai sore dashboard admin tidak bisa dibuka. Sepintas saya berpikiran mungkin yang salah ada dibagian plugin dan tema wordpress yang saya instal.

Saya coba masuk ke cpanel hosting dan membuka file manager. Saya coba cek di bagian public_html,saya coba ganti nama bagian folder plugin untuk menonaktifkan sementara semua plugin yang sudah saya instal.

Dan memang berhasil untuk bisa masuk ke bagian admin. Namun masih ada tugas yang harus saya teliti, yaitu meneliti satu persatu plugin mana yang bermasalah. Saya sangat yakin kalau masalahnya dibagian plugin. Karena sewaktu saya menonaktifkan bagian folder plugin, saya sudah bisa membuka dashboard admin.

Ini yang saya rasa paling berat, karena memang saya menginstal plugin pendukung cukup banyak.

Saya coba hapus plugin satu persatu sampai akhirnya hanya tinggal 3 plugin saja. Kemudian saya coba untuk membuka dashboard admin, ternyata masih bermasalah dengan tampilnya halaman putih yang bertuliskan error bla bla bla dan downtime,yang artinya kurang tahu, Intinya masih eror.

Kemudian saya coba hapus folder jetpack. Setelah itu eror menghilang dan akhirnya saya bisa masuk ke bagian admin dengan lancar.

Namun selang beberapa jam, eror pun datang lagi. Ada swmacam pemberitahuan bahwa plugin yang saya hapus paksa tadi tidak ada berkas nya. Ya memang sih, wong sudah saya hapus di file manager cpanel hosting.

Saya coba bertanya kepada custumer service tentang eror ini. Mereka menyarankan untuk kembali menginstal plugin yang sudah saya hapus melalui cpanel.

Saya coba instal secara manual dan bisa di ekstrak di filemanager.

Namun hal yang aneh terjadi, di dashboard WordPress ternyata plugin ini tidak bisa digunakan.

Sampai akhirnya saya keluar masuk berkali-kali ke dashboard admin wordpress, palah sekalian gak bisa masuk.

Ini tentu menambah kepanikan saya terhadap blog ini. Cari cara kesana kemari tapi dah males untuk ngubek ubek cpanel, karena harus masuk ke phpmyadmin yang saya sendiri masih awam untuk otak-otak database.

Sampai akhirnya saya nyerah dan minta tolong sama customer service sendiri yang tak suruh betulin.

Saya coba chat kembali customer service yang tadi melayani, kemudian saya minta tolong untuk mbetuli semuanya sampai bener – bener beres.

Setelah menunggu sampai dua jam an, ada balasan kalau blog ini sudah selesai diperbaiki.

Dan akhirnya bisa kembali masuk ke dashboard admin dan kembali membuat tulisan – tulisan receh untuk dibagikan.

Kesimpulan : bagi anda yang menggunakan WordPress self hosting dan mengalami eror ataupun masalah lain, kalau anda tidak mampu untuk memperbaiki silahkan hubungi costumer service hosting anda.

Tips : cari lah hosting yang bisa membantu anda dengan cepat saat anda mengalami masalah. Rekomendasi dari saya beli hosting di hostinger, karena customer service nya siap membantu kapan saja ketika anda mengalami masalah.

Punya pengalaman serupa ?

Silahkan bagikan di kolom komentar !

“jadikan pengalaman sebagai wawasan, walaupun buruk sekalipun. Jangan hanya dianggap sebagai siksaan.”

6 thoughts on “Sekilas Pengalaman Menghadapi WordPress yang Eror

Tinggalkan Balasan