Tips Mudah Membuat Artikel Bagi Blogger Pemula

Diposting pada

Membuat Artikel Blog

membuat artikel sederhana  cara membuat artikel untuk tugas kuliah  susunan artikel  cara membuat artikel ilmiah  contoh artikel yang menarik  contoh artikel yang baik  cara penulisan artikel dan contohnya  contoh artikel yang benar dan menarik
Gambar :Panduanim.com

Membuat artikel memang tak semudah yang dibayangkan. Kadang yang menjadi kendala seorang blogger, ketika kebingungan mencari topik artikel apa yang ingin ditulis.
Pernahkah anda mengalaminya ?

Membuat artikel memang harus di dasari dengan niat yang kuat, apalagi bagi pemula seperti aku yang memang awalnya tak pernah tahu tentang tulis – menulis artikel. Dulu aku memang tak kenal yang namanya blogging. Ya memang awal mula aku  tahu tentang blog, ketika waktu itu aku browsing tentang cara menghasilkan uang dari internet. Ternyata ada banyak sekali cara untuk bisa dapet duit dari internet. Mulai dari ngeblog, jadi youtuber dan masih banyak lagi mengenai situs penghasil uang lainya. Kemudian dari pemikiran aku sendiri, bahwa aku juga kepingin bisa dapet duit dari internet, dari situlah aku mulai pilih blog sebagai pilihan awal. Setelah mempunyai sebuah blog, hal pertama yang dilakukan pasti ingin membuat sebuah konten berupa artikel untuk mengisi blog yang telah dibuat. Ketika mau membuat artikel, palah kesusahan mau pilih topik apa yang mau ditulis, mau mulai dari mana, mau nulis judul yang kayak gimana juga masih bingung. Wong memang aku belum punya bakat buat bikin artikel. Sampai akhirnya aku ciba buat artikel satu dengan jumlah kata yah paling 300 an kata. Itupun sudah merasa kesulitan.


“Kok susah ya, buat bikin artikel. Kayaknya aku liat di blog-blog lain kayak’e mudah banget. Tapi kok sewaktu mau buat susah ya “. 

Karena memang topik blog yang aku pilih sewaktu pertama blogging seputar teknologi. awal mula pilih topik ini sih kayaknya mudah banget buat bikin banyak artikel karena teknologi memang selalu up date.

Kemudian aku coba buat artikel lagi dengan tema android. Artikel yang kedua ini memang agak panjang sampai 1000 an kata. Cuman sewaktu aku coba baca ulang artikel yang aku buat, kok dibaca gak enak ya ?  Terkesan semrawut dan  gak jelas banget.  Tapi tetep aku posting juga.

Kemudian suatu hari aku browsing lagi tentang cara mendapatkan uang lewat internet. Di salah satu website, aku nemuin cara dapetin duit lewat internet dengan cara ikutan jadi kontributor ucnews, babe, vebma dll.

Masih pemula kok berani yah, ikutan jadi kontributor situs berita. Wong buat artikel aja masih acak-acak an gak karuan, kok ini malah mau ikutan jadi penulis artikel berita, kan lucu to bro ? 

Ya memang karena aku belum punya bakat buat bikin artikel pertama kali buat artikel dan aku coba uploud di ucnews dan vebma pun langsung ditolak.

Beruntungnya kalau di ucnews sewaktu artikel ditolak pasti disertai dengan berbagai alasan misalnya saja mengenai penulisan judul, jumlah kata dalam konten, gambar pendukung dan sumber referensi kalau artikel yang dibuat hasil dari rewrite artikel milik orang lain. Tentunya hal ini dapat memandu bagi pemula seperti aku ini tentang bagaimana cara membuat artikel dengan baik dan benar.

 

Baca juga :

Buat Blog Itu Mudah, Ngeblog nya yang Susah ! Bagaimana Menurut Anda?

Blogwalking, penting gak sih ?

 

Karena dari setiap penolakan yang aku terima, aku coba untuk memperbaikinya dan aku coba uploud lagi sampe akhirnya bisa diterima dan diterbitkan.

Nah itu sekilas dari uneg -uneg yang ada dipikiranku sewaktu dulu memulai belajar membuat artikel.

Berarti mas ‘e sekarang dah pinter bikin artikel ya mas ?

Tentu saja belum,artikel yang aku buat pun sampe sekarang masih perlu banyak perbaikan, belum sempurna begitu sempurna menurutku, masih kalah jauh dengan para blogger yang lain. Namun aku masih terus harus belajar agar artikel yang aku buat bisa bermanfaat bagi orang lain.

Berikut tips mudah membuat artikel bagi blogger pemula :

Tentukan tema dan topik artikel yang akan dibuat.

yang pertama anda bisa lakukan adalah dengan menentukan isi pokok dari artikel yang akan anda buat. Kalau perlu dibuat sebuah rancangan awal artikel anda. misal mengenai judul artikel, pembukaan,isi,akhir,kesimpulan dan penutup. Isi dengan kalimat – kalimat pokok terlebih dahulu. Lalu anda kembangkan sebuah rancangan yang anda buat tadi. Dalam memilih topik memang kadang mengalami kesulitan, agar lebih mudah anda bisa membuat artikel dengan pemikiran pribadi misal artikel tentang pengalaman kerja anda ataupun yang lain, bisa juga tentang kehidupan anda sehari-hari. Biasanya kalau datang dari pemikiran sendiri akan lebih mudah mengungkapkan lewat  tulisan dari pada artikel mereview artikel milik orang lain. Aku sendirijuga begitu, Sewaktu mereview artikel orang lain misalnya saja berita, aku rasa lebih sulit. Nah beda  banget dengan nulis artikel dari otak sendiri, misalnya mengenai uneg-uneg yang ada dipikiranku. Akan terasa lebih lancar ketika jari menyentuh keyboard.

Gunakan gaya bahasa sendiri.

Kalau menulis artikel untuk blog pribadi tentunya dalam hal gaya bahasa tidak harus baku, sesuaikan saja yang penting enak dan mudah dimengerti oleh pembaca. Seperti halnya blog ku ini, coba anda cermati, gaya bahasa yang aku gunakan agak semrawut to ?

Ada bahasa jawanya juga. memang aku sengaja pakai cara ini agar gaya artikel milikku lebih beda dengan blog lain dan tentunya aku lebih mudah saat ingin menuangka ide ke dalam postingan blog. Beda lagi kalau artikel anda ingin dipublikasikan di situs berita atau situs lain yang menerima kontribusi artikel. Tentunya harus memakai bahasa yang EYD, kalau nggak kan  bisa ditolak. Karena memang artikel yang dikirim akan melewati tahap pemeriksaan terlebih dahulu sebelum dipubliksaikan.

Fokus pada satu artikel sampai satu artikel yang sedang anda buat selesai.

Nah kadang hal ini yang bisa membuat artikel berhenti ditengah jalan dan tidak selesai sesuai dengan yang diharapkan. Seperti di tips pertama tadi sudah aku jelaskan , kalau bisa buat sebuah rancangan terlebih dahulu. Gunanya saat kita mau buat artikel akan sesuai dengan urutan rancangan dan tetap fokus dengan rancangan yang telah dibuat. jangan pikirkan topik lain , selesaikan dulu artikel yang sedang dibuat baru nanti kalau sudah selesai anda bisa membuat artikel baru.

Tidak usah bertele-tele

Maksudku disini artikel yang dibuat jangan sampai keluar dari topik. Gunaka kata -kata yang mudah dimengerti dan mudah untuk dipahami. Karena memang pengunjung blog lebih suka dengan artikel yang informatif. Kalau artikel anda enak dibaca dan mudah dimengerti, pasti pengunjung akan ingat dengan blog anda dan suatu saat bisa berkunjung lagi keblog anda.

Apa artikel yang dibuat harus panjang ? atau dengan jumlah kata tertentu ?

nggak harus panjang juga sih , yang penting itu betah untuk dibaca. buat apa kalau artikel panjang gak ada yang baca ?

Entuk Kesel tok to ? iyo ra bro ?

intinya artikel yang dibuat itu informatif, dah itu aja. Aku sendiri kalau sedang nulis artikel akan berhenti dan menyudahi setelah sekiranya informasi yang aku ingin sampaikan sudah bisa dimengerti oleh pembaca.

Pilih suasana yang menurut anda sesuai.

Kalo masalah suasana siap orang pasti beda-beda. Ada yang harus sunyi sepi, ada yang harus tenang dan ada juga yang bisa membuat artikel walaupun keadaan ramai dan berisik. Kalo aku sendiri sih tergantung suasana hati saja. walaupun rame banget dan berisik kalau pas lagi mau buat artikel dan pas ada ide di otak ,yah tinggal buat aja. Tapi walaupun pas lagi sunyi,tenang pun kalau pas mood aku lagi buruk ya gak buat daripada ntar palah jadinya berantakan gak karuan.

Buat artikel sampai selesai baru dikoreksi.

selesaikan satu artikel dulu sampai slesai kemudian anda bisa baca ulang artikel anda sambil mengoreksi artikel yang telah dibuat. jangan sambil bikin sambil dikoreksi. nanti palah tulisan yang dibuat bisa dihapus karena kurang sesuai. Dulu aku juga pernah gitu, bikin artikel sewaktu ada satu paragraf yang kurang sesuai menurutku tapi palah langsung aku hapus. Dan artikel lebih lama pembuatanya. kalau pun gak sesuai dan masih bisa diperbaiki dengan kata-kata diparagraf selanjutnya anda bisa memperbaikinya di paragraf lanjutanya. maka dari itu pentinganya dibuat sebuah rancangan pokok sebelum membuat artikel.

Nah itu tadi sekilas tips dari ku tentang Tips mudah cara membuat artikel bagi blogger pemula, semoga bisa bermanfaat bagi anda. Kalau mislnya anda punya tips lain anda bisa menambahkanya di kolom komentar.

Dan tanpa anda sadari, anda sudah membaca postingan ini dengan jumlah kata sekitar 1200 an kata. Kalau aku buat  postingan ini di rancangan poko paling cuman 300 sampai 400 an kata saja, tapi karena aku coba untuk kembangkan tak terasa juga jariku sudah mengetik di keyboard sampe 1200 an kata. Bagaimana menurut anda, apakah artikel yang aku buat ini sudah enak dibaca ?

siahkan anda bisa menilai di komentar !

Kritik dan saran dari anda sangat aku butuhkan, demi berkembangnya blog yang aku kelola ini.

One thought on “Tips Mudah Membuat Artikel Bagi Blogger Pemula

Tinggalkan Balasan