Buat Blog Itu Mudah, Ngeblog nya yang Susah ! Bagaimana Menurut Anda?

Diposting pada

Buat Blog Itu Mudah, Ngeblog nya yang Susah !  Bagaimana Menurut Anda ?

belajar ngeblog yang menghasilkan uang cara ngeblog di hp android cara membuat blog keren untuk pemula cara ngeblog lewat hp cara menggunakan blog di hp cara menulis blog lewat hp contoh blogger apa itu blog pribadi
gambar : alfido .com

Jangan berpikiran bahwa ngeblog itu gampang, kecuali mungkin bagi mereka yang sudah senior.

Saya yakin mereka yang senior pun ,tidak langsung sukses.

Butuh proses,butuh pengorbanan,butuh keuletan dan juga butuh modal ketrampuilan juga kreatifitas dalam menyampaikan informasi.

Mereka konsisten ngeblog mungkin sudah tahunan, sehingga blog yang dikelola semakin dikenal publik dan tentunya dapat menghasilkan uang dari jerih payah pengorbanan yang dicurahkan.

Masih berpikiran kalau ngeblog itu gampang dan sepele?

Coba anda perhatikan !

Kalau buat blog tentunya harus diisi dengan konten, iya kan ? Kalau nggak diisi konten buat apa bikin blog. Konten yang di buat bisa bermacam-macam lah ,pastinya anda tahu lah isi blog biasanya apa. Kalau buat konten pastiya harus berpikir, Berpikir bagaimana agar konten yang disajikan nantinya bisa laris di baca banyak orang. Klau sudah ada ide untuk buat konten artikel misalnya, kemudian harus diketik. Mengetik atau menulis artikel tentunya harus ada perangkat yang mendukung, entah itu laptop netbook maupun smartphone. Tentunya tak lepas juga dari kuota internet. Kemudian hal tersebut dilakukan secara rutin ,kadang 1 hari 1 artikel atau bahkan lebih.

Kadang membuat 1 artikel saja bisa lebih dari 1 jam atau mungkin berbeda tergantung mereka si pembuat konten dan tergantung konten apa yang dibuat. Jelas ini pengorbanan waktu kan ?

Belum lagi bagi yang punya blog dengan hosting dan domain berbayar, tentunya harus merogoh kantong buat bayarin sewa hosting dan domain.

Dulu aku sendiri juga berpikiran bahwa ngeblog itu gampang banget, kayak hal sepele yang mudah diakukan. Tapi ternyata tak semudah yang dibayangkan. Awal mula membuat blog aku mencoba pake blog gratisan.

Bikin blog, kasih tema dan ini itu sampe nguprek – nguprek tampilan blog berharap nantinya jadi bog yang bisa cepat dapetin duit. Tapi itu agan angan saja. Blog tak juga da pengunjung yang datang. Ganti lagi aku hapus blog lama lalu aku ganti blog baru.

Aku coba buat blog download. Sama seperti yang pertama dilakukan, isi konten dengan musik dll. Pasang template yang masih juga berharap nantinya akan ada pengunjung yang singgah setiap harinya.

Namun masih saja angan –angan semata, Blog yang kedua masih sepi padahal dah capek bikin konten dan nguprek nguprek html yang kadang sampe gak mudeng palah tampilanya berantakan.

Pusing sama blog yang kedua ,aku hapus lagi itu blog, tak coba buat blog baru lagi. Sama halnya blog yang pertama dan kedua masih saja nguprek- gak jelas dan juga bikin artikel.

Blog yang ketiga berisi artikel tentang tutorial dan download. Tapi link download yang aku taruh di blog aku lewatin dulu lewat shorten url .

Masih berharap juga lewat blog bisa dapet duit. Sama hal nya dengan blog pertama dan kedua, Blog yang ketiga pun juga hanya sebatas angan-angan saja. Pengunjung memang ada yang singgah dan ada juga yang ngeklik walaupun satu sampe dua orang lah .

Itu pun saudara sendiri tak paksain ngeklik, hahaha.

Sampe akhirnya aku hapus lagi blog yang ke tiga. Bosen sama ngeblog yang tak kunjung bisa saya mencoba membuat artikel dan menjadi kontributot Ucnews.

Nah dari sinilah saya mulai belajar membuat artikel. Wong buat artikel di blog aja gak ada yang baca ini kok jadi kontributor artikel, hehe.

Tapi gak papalah, itu pun saya coba karena memang waktu itu penghasilan di ucnews memang sedikit menggoda minat dan semangat buat artikel.

Dan memang membuat artikel juga tidak semudah yang dibayangkan juga. Artikel yang aku kirim ditolak terus, hanya satu sampe dua saja yang bisa tampil itupun viewsnya miris liatnya.

Sampe akhirnya di hari ketiga aku menjadi kontributor ucnews dan berhasil di monetisasi aku coba bikin komik ajalah daripada bikin artikel ditolak terus, disini aku berpikir bahwa aku memang gak bisa bikin artikel.

Bikin komik pun juga masih awam dan hanya mengandalkan judul yang bikin orang penasaran.

Setelah mencoba membuat komik , ternyata dari komik strip yang aku buat banyak yang baca dan banyak juga yang share komikku.

Views dari hari kehari naik dari ribuan bahkan ratusan ribu perharinya, pengikut akun ucnews ku pun semakin naik juga dari yangg semula ratusan bisa sampe ribuan.

Begitu juga dengan penghasilan dollar yang di minggu pertama 10$ bisa naik di minggu – minggu berikutnya, dan akhirnya tiap bulan pun aku bisa PO dengan penghasilan yang lumayan lah. Dan memang ini adalah penghasilan pertama kali saya lewat online.

Dengan cara menjadi kontributor ucnews , akhirnya aku sempet lupa sama blog yang aku buat dan aku kelola dulu. Karena memang di pikiranku gak menghasilkan ya gak aku urusin lah, Aku urusin aja yang bisa datengin duit. Tapi aku lupa pada suatu hal, apapun itu suatu saat nanti juga bakal mengalami down. Dan sampai akhirnya hal itu datag juga. Seiring dengan banyaknya orang yang tahu bahwa menjadi kontributor ucnews itu bisa jadi penghasilan tiap bulanya maka banyak juga yang mendaftar dan menjadi kontributor. Tentunya ini berdampak pada kontributor yang sudah lama mendaftar, karena semakin banyak pesaing. Dan perubahan aturan di ucnwes yang semakin profesional juga berdampak dengan banyak nya akun yang di banned dan tentunya membuat ucnews semakin ketat sekaligus semakin selektif terhadap kontributornya.

Hal ini saya rasakan setelah saya 5 bulan bergabung dengan ucnews, views harian komik saya mulai menurun drastis karena saking banyaknya kontributor dan membuat saya gagal po setiap bulan karrena pendapat selalu jauh dari batas penarikan.

Sampai akhirnya saya kepikiran buat ngeblog lagi. Namun blog yang saya buat ini mempunyai tema tentang latar pekerjaan saya didunia readymix. Masih tetap berharap agar blog nantinya diterima adsense dan bisa dapetin duit. Masih tetap berharap , berharap kan boleh to ? Haha.

Blog yang aku buat masih di blog gratisan ,aku coba dengan tampilan yang ringan dan menarik sekaligus aku isi dengan konten yang bermanfaat bagi pembaca.

Dari sinilah aku mulai belajar tentang apa itu seo, apa gunanya seo,bagaimana tehnik seo dll lah pokok’e seputar seo yang belum pernah aku tahu sebelumnya.

Dan alhasil kdari hari ke hari konten artikel yang aku buat semakin banyak sampai 40 artikel dengan pencarian google yang minim sih, soalnya kalau topik tentang readymix juga gak begitu banyak yang cari di google. Pengunjung harian paling segelintir sampai dua gelintir aja. Karena blog ku sudah ada agak banyak artikel, aku cobain aja buat daftarin google adsense. Ehh… ternyata yo ditolak , dengan alasan navigasi blog blablabla…mbuh opo lali aku terusane. Tak kirain langsung diterima ternyata ditolak, pemberitahuan pun gak sampe sehari.

Yah aku gak boleh nyerah, aku coba perbaiki navigasi blog. Gak sampe nunggu berhari-hari aku coba daftarin lagi .

Dan ternyata setelah aku menunngu dua hari review google adsense akhirnya email pemberitahuan yang ditunggu – tunggu datang juga. Dan hasilnya Tarrrrrrrraaaa,,,,,,,

MASIH GAGAL LAGI, alasanya konten kurang memadai dan mbuh, lupa lanjutane.

Aku coba buat konten terus sampai setiap nambah 2 artikel langsung saya daftarin lagi. Masih gagal lagi, saya buat artikel tambahan lagi dengan kata minimal 1000 kata dan tehnik seo sederhana yang aku pelajari secara otodidak.

Sampai pada akhirnya aku menemui titik jenuh karena gagal terus daftarin blog ke adsense kalau gak salah sampai 10 kali an ada . Nah yang kesebelas saya mencoba daftar akun adsense sampai beberapa hari gak ada pemberitahuan. Kemudian aku berhenti ngeblog lagi. Beeberapa ari kemudian aku baca- baca postingan para bloger yang sudah senior, disitu saya pelajari pola artikel, gaya dan ciri khas baik konten maupun gaya bahasa penyampaian informasi, Sambil tanya- tanya juga lewat beberapa forum blogger gimana sih cara buat blog yang ramai pengunjung ?

Kemudian terlintas lagi dipikiranku buat bikin blog baru, dan akhirnya aku buat deh ini blog dengan cms wordpress sekaigus sewa hosting dan domain sekalian .

Ya memang merogoh kantong juga , ini aja saya ambil dari sisa dollar dulu di ucnews. Yah lumayan buat sewa hosting dan domain satu tahun , tak coba satu tahun dulu. Mudah- mudahan bisa sesuai dengan harapan. Masih tahap berharap kan ?

Dari dulu berharap mulu mas kapan berhasilnya ?

Ada celetuk omongan juga yang bikin agak kesel nanggepinya, paling aku bilang ya sabar lah, insyaalloh jika mau berusaha dan sungguh- sungguh pasti suatu saat nati juga akan menuai hasilnya, amiiiin. Dan aku coba isi blog dengan artikel yang sederhana seperti ini.

Nah itu tadi sekilas tentang uneg- uneg dari pikiranku yang mungkin tidak sepantasnya di ungkapkan ,hahaha.

Jangan beranggapan bahwa ngeblog itu mudah banget atupun sepele, namun jangan juga mempersulitnya. Kalau dianggap sulit terus ,palah ntar gak mau berusaha, Mudah putus asa juga.

Yang terpenting terus berkarya , kalau buat blogger pemula kayak aku sih gak fokus ke uang dulu lah. Nulis ,nulis dan nulis ajalah dulu sambil latihan tulis menulis supaya tulisan lebih enak dibaca.

Ya walaupun ada juga si harapan bat dapetin duit secara online.

Nah sekarang bagaimana menurut anda ,apakah ngeblog itu sulit ? Gampang ? Sepele ? Mudah?

Mari kita sesama blogger baik yang pemula maupun yang senior saling bertukar pikiran di kolom komentar.

baca juga  :Apa Tujuan Anda Mempunyai Blog ?

10 thoughts on “Buat Blog Itu Mudah, Ngeblog nya yang Susah ! Bagaimana Menurut Anda?

Tinggalkan Balasan