Tahukah Anda Tentang ATM Dalam Ngeblog ?

Diposting pada
Menulis artikel
Menulis Artikel

Dalam membuat sebuah artikel untuk mengisi sebuah blog, tentunya setiap blogger mempunyai trik nya masing – masing.

Membuat konten juga tidak terlepas dari topik blog yang dipilih.

Mungkin terlintas di pemikiran pembaca blog buruhseo mengulas topik apa ya ?

Blog yang saya kelola ini mempunyai topik banyak (gado-gado).

Intinya yang mau saya tulis ya saya tulis aja, biar isi blog ini terlihat ramai.

Di postingan saya sebelumnya, saya pernah membahas tentang tips menulis artikel agar tidak di copas orang lain.

Kenapa saya buat artikel itu ?

Jujur saja, saya juga mangkel dengan para copaser, para tukang copas yang selalu menyalin artikel orang lain tanpa seijin penulisnya.

Daripada harus menyalin, mending kita ambil konsep dan topik nya lalu kita kembangkan dengan bahasa sendiri. Lalu diberi link untuk dijadikan referensi jika diperlukan.

Pernah seorang teman blogger senior memberikan tips ke saya dalam menulis artikel.

Waktu itu saya mencoba bertanya, gimana sih agar bisa membuat artikel yang mampu bersaing dihalaman pertama search engine dengan kata kunci tertentu ?

Lalu dia memberi jawaban buatlah artikel dengan volume pencarian yang bagus perbulanya. ( bisa di cari dengan google keyword planner)

Kalau saya buat artikel dengan volume banyak, terlintas dalam pemikiran saya kalau topik yang banyak dicari belum tentu saya menguasainya.

Lalu saya coba tanyakan lagi, kalau saya tidak menguasai topik nya gimana ?

Dia menjawab, kamu bisa baca dulu artikel terkait dengan topik yang ingin kamu buat. Baca 2 sampai 3 artikel dari blog yang berbeda yang ada di halaman utama, sambil di intip model artikel nya.

Lalu saya bertanya lagi, Apakah saya harus meniru persis seperti artikel pesaing agar bisa nangkring di halaman utama google ?

Kamu tidak usah meniru persis dsn jangan pernah copas artikel orang, karena walaupun hanya beberapa artikel copas saja yang ada diblog milikmu, kamu bisa dicap sebagai copaser (tukang copas).

Kamu bisa menggunakan cara ATM untuk membuat artikel.

Apa itu ATM ?

A : amati.

T : tiru.

M: modifikasi.

Yah setidaknya tiga kata itu yang saya ingat waktu saya belajar dari teman blogger saya.

Amati.

Sebelum membuat artikel agar bisa bersaing di mesin pencari, kita bisa mengamati dulu artikel dengan topik dsn keyword sejenis yang nantinya akan jadi pesaing artikel kita.

Coba ketikkan keyword yang anda pilih di google. Kemudian coba anda baca beberapa artikel yang ada dihalaman pertama dengan kata kunci yang anda pilih.

Tiru

Tiru disini tidak harus meniru persis, bahkan tidak dianjurkan. Tiru yang dimaksud itu meniru konsep nya saja. Misal bisa diambil pada rangka pokok artikel nya saja.

Modifikasi

Disini peran pentingnya, kita harus memodifikasi rangka konsep yang sudah di peroleh dari artikel lain. Kembangkan dengan gaya bahasa kita sendiri.

Buat seunik mungkin, Kembangkan sesuai dengan gaya menulis anda. Lengkapilah artikel anda dengan topik pendukung supaya pembahasan lebih detail dari artikel pesaing.

Apakah cara diatas bisa menjadikan page one ?

Artikel untuk page one itu mempunyai banyak faktor, apalagi artikel pesaing sangat berat untuk dilawan. Faktor kecepatan loading blog juga berpengaruh.

Umur blog juga berpengaruh, apalagi kalau blog yang masih baru kayak blog ini, tentu harus banyak belajar lagi untuk membuat artikel yang bisa bersaing.

Itu tadi tentang Tehnik ATM yang saya dapat dari teman blogger saya. Semoga bermanfaat. Kalau anda punya pendapat lain, silahkan sampaikan di kolom komentar !

” jadilah diri sendiri untuk sukses dikemudian hari “

Tinggalkan Balasan