14 Cara Menulis Artikel Seo Friendly yang Perlu Anda Ketahui

Diposting pada

Cara Menulis Artikel SEO

Cara membuat artikel seo adalah topik yang memang sudah  banyak dibahas blogger. Banyak sekali blogger yang sudah memberikan ilmunya lewat artikel yang mereka bahas tentang teknik seo. Jika anda cari saja di google sudah ada banyak blog yang membahas mengenai cara menulis artikel seo. Namun kadang ada cara yang sudah tidak up todate lagi,karena seiring berjalanya waktu tentunya alogaritma google juga semakin canggih dalam menilai konten.

cara menulis artikel seo,cara membuat artikel seo

Google sekarang lebih tahu mana konten yang berkualitas dan mana konten yang biasa-biasa saja.

Sekarang bagaimana sih contoh artikel yang berkualitas ?

Mengenai penjelasan konten yang berkualitas mungkin persepsi orang untuk menjawab hal ini mungkin berbeda.

Tapi, kalau menurut saya konten yang berkualitas tentunya konten yang disukai pembaca dan pembaca mendapat informasi yang dia cari secara lengkap dan tentunya puas.

Jadi prinsip utamanya memang konten yang dibuat fokus ke pembaca. Tempatkan pembaca sebagai raja agar kita selau memberikan konten yang terbaik untuk pembaca.

Berikut beberapa cara menulis artikel seo yang perlu anda ketahu.

Mengutamakan pembaca.

Sejatinya konten berupa artikel yang ada di sebua blog tentunya dikhususkan untuk pembaca. kalau kita mau fokus ke pembaca tentunya kita harus tahu dulu apa yang pembaca sukai. Cara menulis artikel seo memang susah namun lebih susah lagi bagaimana cara agar artikel yang kita tulis bisa bermanfaat dan disukai pembaca.

Kita cari tahu dulu pembaca sukanya apa sih ?

Pembaca itu cari artikel yang seperti apa sih ?

Informasi yang seperti apa sih yang disukai para pembaca ?

Pembaca itu sukanya dengan intormasi yang simple dan lengkap. Kita terapkan saja pada diri kita sendiri ketika mencari informasi di mesin pencarian.  Banyak sekali topik yang bisa anda pilih untuk mengisi konten di blog anda . Seperti postingan saya sebelumnya tentang 7 Topik Blog yang Paling Banyak Dicari Pengunjung di Mesin Pencari.

Dalam mencari informasi ,saya lebih suka dengan informasi yang singkat padat dan tentunya jelas. Biasanya kalau saya sedang searching di google saya akan memilih hasil penelusuran yang paling atas .Kalau hasil penulusuran di halaman pertama sudah dapat memuaskan dengan apa yang saya cari tentunya saya akan menyudahi dan menutup tab browser. Begitu pula dengan pembaca lain kebanyakan sama seperti yang saya lakukan.

Maka dari itu saya berusaha agar artikel saya bisa nangkring dihalaman pertama pencarian dengan keyword tertentu. Ada banyak faktor yang mempengaruhi pembaca agar betah di blog kita.

Diantaranya :

  • Desain web.

Desain web tentunya meliputi wana dan tampilan tema yang menarik serta tidak menyakiti mata ketika dipandang

  • Navigasi yang mudah.

Navigasi juga berperan penting untuk pembaca agar mereka lebih mudah dalam mengakses seluruh isi blog kita. ini juga menjadi hal yang paling utama ketika sebuah blog atau website didaftarkan ke google adsense. Banyak sekali yang tidak diterima oleh google adsense hanya karena navigasi blog yang berantakan, bahkan saya sendiri juga pernah mengalami hal ini.

  • Template blog yang responsif.

Berbagai macam perangkat yang digunakan pembaca untuk mengakses internet mulai dari komputer hingga smartphone, tentunya tema blog yang kita gunakan harus responsif.

  • Keaktifan kita dalam membalas komentar.

Interaksi yang baik antara kita dan pembaca harus senantiasa terjaga ibarat penjual dan konsumen. Interkasi biasanya melalui komentar. Pembaca akan merasa senang dengan blog kita ketika mereka mengalami kesulitan dalam mencerna informasi yang kita berikan, lalu mereka memberikan komentar dan kita senantiasa membalas komentar mereka dengan solusi yang informatif.

  • Meminimalisir kesalahan tulisan dan ejaan.

Usahakan dalam membuat artikel tidak ada kesalahan penulisan agar pembaca lebih nyaman ketika membaca artikel di bog kita.

  • Ukuran dan jenis font agar artikel kita mudah dibaca.

Ukuran font juga penting agar pembaca merasa nyaman. jangan sampai terlalu kecil dan jangan sampai terlalu besar.

  • Kecepatan loading blog.

Dalam mengakses informasi tentunya pembaca lebih memilih informasi yang cepat. saya sendiri juga akan langsung menutup tab browser ketika mau masuk blog dengan loading berat. Pilih tema yang simple dan responsif agar loading blog lebih cepat.

Menggunakan keyword di bagian judul artikel. 

Judul adalah elemen artikel paling pertama yang akan di rayapi google. Sebaiknya gunakan keyword anda di bagian ini. Kalau anda tidak menggunakannya, artikel anda akan susah bersaing  di mesin pencarian. Keyword dibagian judul semakin kekiri semakin baik. Namun jangan sampai hanya karena anda mengejar seo friendly terus meletakkan banyak keyword di judul. Usahakan judul yang mengandung keyword, enak dibaca danbtentunya mengundang klik para pembaca untuk singgah di blog anda.

Kalau saya sendiri menggunakan plugin yoast seo di wordpress yang gunakan. Jadi ada dua judul, yang pertama untuk judul artikel dan yang kedua judul yang akan tampil di google.

Buatlah judul artikel anda seunik mungkin dan mengundang klik. 

Pada poin ke dua tadi sudah dijelaskan bagaimana pentingnya judul untuk mengantarkan artikel ke halaman utama mesin pencari.

Judul yang menarik tentunya judul yang bisa mengundang rasa penasaran orang. Namun jangan click bait ya. Kalau sampai anda clik bait, pembaca tidak akan membaca keseluruhan artikel.

Gunakan kata – kata yang bisa mendeskripsikan isi artikel anda. Gunakan juga deskripsi snippet untuk mendeskripsikan konten anda.

Kalau anda menggunakan wordpress, anda bisa coba sebuah plugin yang bisa membantu  anda untuk Optimasi seo.

Seperti yoast seo dan all in one pack seo.

Agar anda bisa membuat 2 judul ,1 judul untuk artikel dan 1 lagi untuk pencarian google.

Buat lah internal linking. 

Internal lingking berfungsi agar pembaca bisa tertarik membaca postingan lama kita.

Tapi gunakan internal linking yang wajar saja dan sebaiknya sesuai dengan topik yang di bicarakan.

Buatlah artikel yang panjang dan lengkap

Sebaiknya buatlah artikel yang lengkap,tidak harus panjang juga sih. Yang penting lengkap,karena artikel panjang belum tentu lengkap namun hanya bertele-tele saja.

Dalam membuat artikel blog memang susah – susah gampang. Sedikit tips dari saya, sebaiknya anda membuat artikel yang menurut anda sesuai dengan jalan pikiran anda. Misalnya saja pengalaman, keseharian atau latar belakang anda. Ikuti saja kata hati. Sebelum membuat artikel sebaiknya di buat kerangka terlebih dahulu.

Pertama  anda pilih topik apa yang mau anda tulis. Kemudian tulis judul, pembuka, isi, kesimpulan, penutup. Lalu coba anda kembangkan kerangka artikel tadi menjadi artikel yang enak untuk dibaca.

Saya disini juga masih belajar ngeblog, masih pemula banget.

Kalau anda kepingin mudah membuat artikel blog anda bisa baca postingan saya di blog ini tentang Cara Mudah Membuat Artikel Bagi Blogger Pemula.

Pasang link keluar blog yang relevan dengan artikel yang kita bahas. 

Ada yang bilang kalau pasang link keluar blog bisa membawa dampak  buruk ke blog kita. Kalau menurut saya sih selama link keluar masih relevan tidak ada salahnya, apalagi kalau topik relevan banget dengan artikel yang kita tulis. Pembaca akan semakin mendapat tambahan  informasi yang lengkap  seputar artikel yang kita tulis.

Apalagi kalau artikel yang kita tulis hasil membaca informasi di blog lain, sebaiknya cantumkan link blog nya untuk menghargai karya orang lain.

Jangan terlalu khawatir tentang keyword density. 

Keyword density kalau artikel jaman dulu mungkin banyak dalam artikel sekutar 3 sampai 5 %. Namun sekarang  google lebih tahu mana artikel yang berkualitas bagus dan artikel yang biasa saja.

Alangkah baiknya cuman memasang beberapa saja. Kalau saya  biasanya maksimal 2,5 % saja sesuai anjuran dari plugin yang saya gunakan.

Memasang LSI keywords.

LSI adalah latent semantic indexing, ya semacam sinonim lah. Jadi lsi itu kata-kata yang mirip dengan keyword utama yang digunakan dalam artikel. Misalnya seperti tulisan ini tentang cara menulis artikel seo. Didalamnya Terdapat kata – kata tentang seo, blog, keyword, link dll. Pokoknya  yang relevan dan tulisan enak dibaca.

Anda juga bisa lihat penelusuran twekait di google. Jadi anda coba dulu keyword utama di google kemudian cari penelusuran teekait dibagian bawah.

Minimalisir penggunaan bold,  italic dan underline. 

Hal ini bertujuan untuk memberi kenyamanan untuk pembaca. Coba anda baca artikel yang panjang dan banyak sekali bold dan tulisan miring. Pasti tidak enak dibaca dan biaa buat sakit mata. Kadang penggunaan bold di artikel biasa si gunakan si kalimat dan kata yang perlu penekanan saja. Yang salah kaprah kadang mem bold semua kata kunci yang ada di artikel.

Sebaiknya anda gunakan bold dan italic sewajarnya saja, ingat bahwa kita tidak hanya mengedapankan seo namun juga mengedepankan pembaca.

Buatlah url permalink sependek mungkin dan mengandung fokus keyword.

Setiap artikel sebelum dipublish masih bisa di atur url nya. Gunakan kesempatan ini,  karena kalau artikel sudah teebit dan sudah di submit ke webmaster tentu nanti kalau diedit anda akan lebih repot.

Buatlah url permalink sependek mungkin, kalau saya biasanya 3 sampai 5 kata saja dengan fokua keyword.

Akan lebih mudah jika anda menggunakan cms wordpress dan menggunakan plugin yoast seo.

Mengoptimalkan meta deskripsi

Mengoptimalkan meta deskripsi juga penting, karena meta deskripsi selalu dibawah judul saat artikel tampil dihalaman pencarian. Buatlah meta deskripsi yang mengandung keyword utama dan kata-kata yang dapat menarik pengunjung untuk singgah ke blog kita.

Memasukkan atribut alt di file gambar artikel. 

Google tidak mampu membaca file gambar maka dari itu fitur alt dapat kita gunakan untuk mendeskripaikan gam bar yang kita gunakan dalam artikel. Biasanya alt gambar saya isi dengan fokus keyword. Dan satu artikel biasanya saya  hanya menggunakan 1 gambar saja. Karena aaya kepingin loading blog cepat.

Tambah media pendukung artikel  (gambar atau video). 

Cara menulis artikel seo selanjutnya dalah memberikan media pendukung artikel, baik berupa gambar maupun video. Pembaca tentu akan lebih mudah jika artikel ada gambar nya apalagi kalau artikel tentang tutorial.

Bisa juga diberi video atau animasi agar artikel lebih menarik.

Gunakan variasi keyword 

Gunakan variasi keyword dalam artikel anda agar lebih seo. Jangan cuma satu keyword saja.

Tapi tentunya juga harus mengedepankan human friendly.

Jangan 1 paragraf isinya lebih banyak keyword yang bisa membuat pembaca makin bingung.

Ingat tujuan pembaca membuka blog anda kepingin mendapatkan  informasi yang mereka  cari.

Coba bayangkan kalau pembaca malah makin bingung setelah baca artikel anda. Mereka akan melupakan blog anda.

Kalau mereka puas setelah membaca blog anda, kemungkina kembali ke blog anda juga semakin besar.

Kalau masalah seo saya masih belajar. Saya membuat postingan tentang cara menulis artikel seo  ini bukan saya mau mengajari atau biar dianggap suhu dll.

Saya hanya sharing saja tentang apa yang saya tahu tentang cara menulis artikel seo.

Sekiranya anda punya pendapat lain tentang cara menulis artikel seo, anda bisa mengutarakannya di kolom komentar.

Sekiranya artikel ini bermanfaat, silahkan anda share artikel ini.

Referensi :rohadiright.com

2 thoughts on “14 Cara Menulis Artikel Seo Friendly yang Perlu Anda Ketahui

Tinggalkan Balasan