Cara Menghapus Plugin di Dashboard WordPress

Diposting pada

Plugin wordpress –  Menggunakan CMS wordpress memang sangat bagus. Apalagi dengan dengan dukungan banyaknya plugin wordpress  yang bisa kita pilih sesuai keinginan. Namun terkadang bagi pemula seperti aku ini masih banyak hal yang belum diketahui, apalagi bagi yang belun pernah menggunakan wordpress. Seperti contoh menghapus plugin. Kalau cuman memasang plugin wordpress mungkin hal yang mudah untuk dilakukan bagi pemula sekalipun. Lain hal nya dengan menghapus plugin. Cara yang paling mudah untuk dilakukan ketika ingin menghapus plugin di wordpress yaitu dengan membuka admin wordpress anda kemudian pilih plugin, pilih lagi plugin yang terpasang. Lalu klik nonaktifkan dan setelah itu hapus plugin nya.
Tapi kalau plugin yang anda pasang hanya muncul di menu dashboard saja seperti gambar dibawah ini, bagaimana cara menghapusnya ?

Tampak seperti gambar diatas saya menginstal plugin yoast seo, google analityc, AMP, dan bws panel. Tadinya ada plugin yang namanya shareaholic yang sudah saya hapus dengan tutorial cara hapus plugin yang akan aku berikan berikut dibawah ini.

Berikut cara menghapus plugin di Dashboard wordpress.

Masuk ke akun cpanel hosting anda.

Pilih file manager. 

Kemudian pilih wp-content. 

Kemudian pilih plugin. 

Pilih Plugin wordpress  mana yang akan dihapus dan klik delete. 

Disini saya ingin menghapus plugin shareaholic. Jadi saya pilih shareaholic.

Sampai disini plugin wordpress yang ada di Dashboard wordpress anda sudah terhapus.

Lihat gambar dibawah ini plugin shareaholic sudah tidak ada.

Kenapa saya menghapus plugin shareaholic ?

Plugin sosial media share yang satu memang bagus ditempatkan di wordpress, apalagi dengan adanya monetisasi dengan plugin shareaholic. Jadi dengan plugin shareaholic bisa mendapatkan tambahan penghasilan. Namun karena aku kurang tahu caranya dan tampilan loading blog aku jadi agak berat, aku memutuskan untuk menghapus saja plugin ini, karena pada dasarnya, aku ingin blog yang aku buat itu bermanfaat bagi pembaca. Loading blog cepat, sekaligus informatif. Iru yang aku pengen. Awalnya aku kira plugin shareaholic dapat dihapus langsung melalui dashboard wordpress. Tapi setelah aku coba hapus ternayata gak ada dan harus dihapus melalui cpanel. Setelah aku cari kesana – kemari, kemudian dapet caranya dan langsung aku buat artikel ini.

Sekian postingan kali ini, matur suwun buat yang sudah mau mampir ke blog ku yang jelek ini, semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan