Blogwalking, penting gak sih ? 

Diposting pada

Blogwalking

Blogwalking, blogger, blogging, ngeblog
Gambar : kompasiana. Com

Blogwalking ki panganan opo to mas? 

Blogwalking itu bukan makanan ataupun benda yang bisa dimakan. blogwalking adalah sebuah istilah yang bisa kita dengar dari kalangan blogger, blogwalking mempunyai arti saling mengunjungi ke sesama blogger. Yo kayak semacam menjalin silaturahmi lah kalau didunia nyata.

Tujuane ben opo mas? 

Tujuane yo biar dapet tambahan pengunjung dan sekaligus mempromosikan blog kita. Apalagi seperti aku ini yang masih pemula banget dan butuh banyak belajar dari para blogger senior lainya. Memang kadang saya sendiri masih sedikit blogwalking setiap harinya. Namun saya tetap berusaha membaca isi dari blog yang saya kunjungi walaupun hanya 1 sampai 2 postingan saja. Kalau masalah meninggalkan jejak saya memang kadang tidak meninggalkan komentar, haha. Ya kedepanya saya usahakan bisa meninggalkan komentar dan jejak di blog yang saya kunjungi.

Apa iya Blogwalking bisa nambah visitor blog kita mas ?

Tentu bisa, selain kita juga bisa saling  menjaga silaturahmi antar bloger, blog yang kita kunjungi kemungkinan besar akan berkunjung balik ke blog kita. Aku sendiri sudah ngerasain . 

Dulu aku sempet berpikiran tehnik seo saja sudah cukup untuk bisa dapet pengunjung organik dari google.

Kan aku udah pake tehnik seo, pake yoast seo, pakai banyak macem-macem optimasi,pakai research kata kunci, wes lah opowae dilakoni supaya artikel bisa seo. Ngapain juga aku harus capek – capek mengunjungi blog lain mending buat artikel terus sampe buanyak biar blog semakin kaya akan informasi.

Ngono kuwi yo apik cah, tapi ingat semakin banyak silaturahmi semakin banyak pula saudara kita, kan silaturahmi bisa menambah teman, nambah saudara, ya walaupun hanya didunia maya kalau kita bisa saling suport, saling bantu kan akan lebih baik lagi. Pengunjung blog bisa semakin naik, tentunya bagi blog anda yang sudah dipasangi iklan pun, bisa meningkatkan penghasilan anda. Apalagi kalau bisa saling berkomentar yang relevan, baik itu ngasih kritikan ataupun saran yang nantinya bisa memajukan blog. Padahal kalo aku sendiri ngandelin seo aja ya bubar lagi gan semangat ngeblognya, wong seo aja juga masih semrawut kaya gini kok.

Piye gan?  Bagus to? 

Apalagi kalau menginginkan banyak komentar di postingan kita kalau cuma ngandelin search engine juga sulit gan.  Pengunjung dari search engine cuma mencari informasi yang mereka butuhkan saja, lalu keliling mencari informasi yang lain. Mereka kadang gak mau ribet ngasih komentar ke blog kita. Kalau nggak sesama bloger sendiri yang saling blogwalking dan saling bantu terus siapa lagi jal ? Hayoo sopo? 

Maka dari itu, lewat postingan aku kali ini, aku mengajak anda-anda semuanya baik yang sudah senior maupun yang belum senior. Mari sesama blogger kita saling bantu, saling suport biar semua blogger bisa sukses dan merasakan buah hasil dari jerih payah yang dikorbankan.

Terus blogwalking yang bagus itu gimana mas ?

Blogwalking yang bagus kalau menurutku ya selain kita berkunjung kita juga mempromosikan blog kita juga, kasih komentar yang bisa memotivasi dll. Mungkin anda juga sudah tahulah cara blogwalking yang baik. Selain itu juga ikut gabung di forum para blogger baik itu di face book dll.  Sambil memprosikan blog kita, kita juga bisa sambil belajar sama blogger-blogger yang sudah berhasil dan sudah senior, supaya kita nantinya juga bisa ketularan suksesnya.

Mas nya dah pro ya kok ngasih tips blogwalking, kayaknya blog baru kemarin ?

Iya benar dah pro, protol, sudah berulangkali bikin blog lalu tak hapus lagi, bikin lagi tak hapus lagi. Aku masih pemula banget kalau masalah blogging.

Daftar adsense aja belum pernah keterima.

Coba anda baca sepenggal uneg-uneg saya saat mulai blogging.

Baca juga  :

Buat Blog Itu Mudah, Ngeblog nya yang Susah ! Bagaimana Menurut Anda?  

Pertama kali bikin blog ini saya mencoba untuk membuat artikel yang sekiranya bisa nangkring di google. Tapi juga susah nangkring dihalaman pertama. Tapai bagaimanapun aku tetep berusaha.

Sampai akhirnya aku coba nih blogwalking. Walaupun tidak organik dari google tapi mampu mendongkrak views di blog ku. Yang tadinya cuman segelintir sampe 2 gelintir yang singgah, berkat blogwalking tambah jadi puluhan bahkan bisa ratusan.

Sekian, matur suwun buat anda yang sudah membaca uneg-uneg saya kali ini tentang blogwalking.

6 thoughts on “Blogwalking, penting gak sih ? 

Tinggalkan Balasan