Pengertian uji slump pada beton cair dan cara uji slump pada beton cair

Diposting pada
Gambar  : ilmusipil.com 
kalo anda yang bekerja di ready mix pasti tahu lah tentang slump.  akan tetapi kalian yang masih baru didunia ready mix mungkin masih bingung.  apa sih slump itu? 
slump gunanya buat apa ya?? 
apalagi seperti saya dulu yang beda jauh dengan di sekolah.. karena saya jurusan otomotif hehe. 
mungkin yang sekolah lanjutan nya jurusan sipil,  sudah dikenalkan disekolah.  iya kan? 
nah maka dari itu jika ada tulisan saya nanti yang mungkin menurut kalian salah atau kurang benar mohon untuk di beri masukan ya,  karena intinya saya juga masih belajar.  okkkeyy
lanjut ke topik.. 
uji slump dalam beton adalah suatu metode  yang digunakan untuk menentukan kekakuan campuran beton segar guna menentukan workability nya. 
kekakuan pada beton ready mix dapat menunjukkan berapa banyak air yang digunakan. 
jadi dengan diadakan nya uji slump,  kita dapat mengetahui apakah beton terseebut kekurangan air atau kelebihan air atau sudah cukup. 
Dalam suatu adukan/campuran beton, kadar air sangat diperhatikan karena menentukan tingkat workability nya atau tidak. Campuran beton yang terlalu cair akan menyebabkan mutu beton rendah, dan lama mengering. Sedangkan campuran beton yang terlalu kering menyebabkan adukan tidak merata dan sulit untuk dicetak.
Uji Slump mengacu pada SNI 1972-2008 dan ICS 91.100.30
Slump dapat dilakukan di laboratorium maupun di lapangan (biasanya ketika ready mix sampai, diuji setiap kedatangan). Hasil dari Uji Slump beton yaitu nilai slump. Nilai yang tertera dinyatakan dalam satuan internasional (SI) dan mempunyai standar
sampai disini sudah sedikit mengerti kan tentang uji slump? 
lanjut ke pengujian slump. 
alat untuk menguji slump apa aja sih? 
atau seperti apa sih alat untuk menguji slump pada beton? 
bahan yang digunakan tentu saja beton segar.  biasanya kalau di ready mix sewaktu ready mix sampai di proyek langsung diambil sebagian untuk di jadikan uji slump. 
PERALATAN:
Kerucut terpenggal (kerucut yang bagian runcingnya hilang) sebagai cetakan slump. Diameter bawah 30 cm, diameter atas 10 cm, tinggi 30 cm. Batang logam bulat dengan panjang ± 50 cm diameter 10-16 mm.Pelat Logam rata dan kedap air sebagai alasSendok adukanPita Ukur.  
TAHAPAN UJI SLUMP:
Basahi cetakan kerucut dan plat dengan kain basahLetakkan cetakan di atas platIsi 1/3 cetakan dengan beton segar, padatkan dengan batang logam sebanyak merata dengan menusukkannya. Lapisan ini penusukan bagian tepi dilakukan dengan besi dimiringkan sesuai dengan dinding cetakan. Pastikan besi menyentuh dasar. Lakukan 25-30 x tusukan.Isi 1/3 bagian berikutnya (menjadi terisi 2/3) dengan hal yang sama sebanyak 25-30 x tusukan. Pastikan besi menyentuh lapisan pertama.Isi 1/3 akhir seperti tahapan nomor 4Setelah selesai dipadatkan, ratakan permukaan benda uji, tunggu kira-kira 1/2 menit. Sambil menunggu bersihkan kelebihan beton di luar cetakan dan di plat.Cetakan diangkat perlahan TEGAK LURUS ke atasUkur nilai slump dengan membalikkan kerucut di sebelahnya menggunakan perbedaan tinggi rata-rata dari benda uji.Toleransi nilai slump dari beton segar ±  2 cm 
Jika nilai slump sesuai dengan standar, maka beton dapat digunakan
Gambar 1 : Collapse / runtuh
Keadaan ini disebabkan terlalu banyak air/basah sehingga campuran dalam cetakan runtuh sempurna. Bisa juga karena merupakan campuran yang workabilitynya tinggi yang diperuntukkan untuk lokasi pengecoran tertentu sehingga memudahkan pemadatan,
Gambar 2 : Shear 
Pada keadaan ini bagian atas sebagian bertahan, sebagian runtuh sehingga berbentuk miring, mungkin terjadi karena adukan belum rata tercampur.
Gambar 3 : True
Merupakan bentuk slump yang benar dan ideal.
PERHITUNGAN NILAI SLUMP
NILAI SLUMP = Tinggi cetakan – tinggi ratarata benda uji
uji slump ini mudah dilakukan dan dapat dilakukan oleh semua orang,  walaypun seorang biasa sekalipun seperti pekerja.  biasanya uji slump kalau di ready mix biasa dilakukan oleh teknisi dari ready mix yang bersangkutan.
sekian post kali ini semoga bermanfaat,  apabila ada hal yang salah atau anda ingin memberi saya masukan silakan tulis uneg uneg anda di komentar. 
sekian dan terima kasih telah membaca postingan saya. 

Tinggalkan Balasan