Pengertian mobil pompa beton atau concrete pump

Diposting pada
Gambar :inforeadymix.com
Mobil pompa beton atau dengan nama lain concrete  pump digunakan untuk memompa beton dari truk mixer ke lokasi pengecoran. Biasanya akses kelokasi tidak bisa dilewati truk ataupun pengecoran pada lokasi yang tinggi, misal untuk membuat dak rumah. Pengecoran menggunakan mobil pompa saat mengecor dak rumah misalnya, wajtu yang dibutuhkan lebih  sedikit dan tentu lebih cepat dalam pengerjaanya. Satu truk mobil mixer dengan kapasitas 7 m3, kalau pake mobil pompa sekitar 20 menitan, coba kalau pakai cara manual menaikkan beton sendiri pake ember bisa memakan waktu 4 jam an bahkan lebih. Dalam pengerjaan nya pun tidak perlu menyiapkan banyak orang. Cukup  4 sampai 5 orang saja, karena hanya meratakan beton yang keluar dari belalai pompa. Sebelumnya perlu diketahui seandainya pengecoran menggunakan mobil pompa kita harus menyediakan pasir 15 sampai 20 ember dan semen sekitar 2 sak. Karena prinsip kerjanya seperti pompa air butuh pancingan juga. Istilah lainya bisa dikatakan mortaran. 
Sesuai dengan jarak yang bisa dijangkau mobil pompa ini juga ada berbagai jenis menurut panjang belalainya. 
Pompa mini 15 meterPompa standar 18 meterPompa long boom 28 meterPompa super long boom 42 meter
Biasanya setiap pimpa membawa pipa tambahan untuk menyambung boom sekitar 5 sampai 10 batang. Atau sekitar 15 sampai 30 meter untuk menambah jangkauan. 
Terus bagusan mana mas, pakai mobil pompa atau cara manual ? 
Kalau menurut saya sih tergantung volume pengecoran dan tingkat kesulitan pengecoran. Kalau volume dak rumah misalnya lebih dari 15 m3 an ya mendingan pake pompa karena waktu akan lebih cepat. Tapi kalau cuman 7 m3 kurang ya mendingan pake cara manual. Karena disamping biaya sewa pompa yang terbilang lumayan dalam hal ini keputusan untuk pake pompa atau tidak dikembalikan kepada yang punya proyek. 
Sekian artikel kali ini semoga bermanfaat. 

Tinggalkan Balasan