Cara Menghitung Kebutuhan Cor beton Ready mix

Diposting pada
Gambar :panellantai.co.id
Sebelum dilakukan pengecoran  pastinya  dilakukan survei  lokasi terlebih dahulu.  tujuan nya agar saat pengecoran  vokume yang dibutuhkan sesuai dengan kebutuhan lokasi.  tidak kelebihan dan tidak kekurangan. 
Karena mungkin bentuk struktur yang berbeda-beda kita hanya bisa membuat gambaran saja. 
misalnya kita mau mengecor dak lantai rumah.  berapa volume yang dibutuhkan? 
berapa truk mixer yang diperlukan untuk membawa beton sampai ke lokasi proyek? 
misal ukuran plat 15 m x 10 m ketebalan 12 cm.  dalam hal ini misal balok sudah di cor.  maka volume yang dinutuhkan untuk pengecoran plat.  15 x 10 x 0,12 = 18 m3. 
untuk tenggang misal kita ambil 2,5 %
2,5 % x 18 = 0,45 m3
18 + 0,45 =18,45 m3
kita bulatkan menjadi 19 m3. 
kenapa kita bulatkan? 
karena dalam perencanaan harus kita beri tenggang sedikit.  untuk menanggulangi kemungkinan masalah, misal bekisting jebol dll.  kalo misal 1 truk mixer 5 m3 an,  berarti kebutuhan mixer pengangkut beton sekitar 4 truk mixer. 
dan selain anda hitung volume kebutuhan,  saat survey proyek kamu juga hitung jarak perjalanan dan kondisi lain di proyek, misal kabel dll. agar saat pengecoran nanti bisa berjalan lancar.  coba kalau anda tidak lihat dulu kondisi lapangan, saat pengecoran truk mixer sudah membaqa muatan dan sudah sampai diproyek.  namun saat mendekati lokasi ada kabel ataupun jalan yang tidak muat untuk dilewati.  lalu mau gimana? kesalahan ada pada tukang survey kan? 
makanya saat survey lokasi anda harus betul –  betul cermat mengamati kondisi lokasi. 
okey,  sekian pos kali ini semoga bermanfaat

Tinggalkan Balasan