Jenis-jenis Alat Transfer Semen Dari Silo Ke Timbangan Pada Batching Plant.

Diposting pada
Seperti yang sudah kita ketahui, fungsi silo semen pada batching plant adalah tempat menyimpan semen sementara  sebelum digunakan untuk loading. Nantinya semen akan ditimbang sesuai kebutuhan saat loading. Nah saat menimbang semen akan turun dari silo menuju timbangan melalui 3 jenis alat transfer semen, yaitu dengan gaya gravitasi, airslade dan screw. 
Kebanyakan yang sering kita lihat adalah menggunakan gaya grafitasi atau langsung dan screw. Sementara air slade belum banyak yang menggunakanya karena ini masih baru. 
Mengenai penjelasanya kita simak uraian di bawah ini. 
Gaya gravitasi atau langsung
Metode ini paling banyak digunakan karena hanya menggunakan karet bilo sebagai penghantar nya, jenis ini paling utama menggunakan gaya gravitasi untuk menghantarkan semen dari silo ke timbangan semen. Saat membuka katup batterfly pada silo semen akan turun melalui bilo dan langsung masuk kedalam timbangan. Apabila menggunakan model ini, saat menemui trouble misalnya semen tidak mau turun. Untuk pengecekan dan perbaikan tentunya akan lebih mudah dilakukan. Tinggal kita cek bagian baterfly pada silo saja. 
Screw.

Model penghantar semen ke timbangan jenis ini juga banyak di temui di kebanyakan batching plant yang mempunyai lebih dari 1 silo. Biasanya silo berdiri di bawah tidak seperti model langsung yang silonya berada diatas timbangan semen. Biasanya kerucut silo mempunyai posisi lebih rendah dari timbangan. Kalau pakai model screw kan bisa menghantar semen ke atas.
Screw merupakan tabung yang di dalamnya terdapat gigi ulir, dimana gerakan ulir tersebut memutar dan digerakkan oleh motor listrik. 
Kalau misalnya terjadi troubel bisa di cek di bgian motor listrik, butterfly dan screw nya. 
Air slade.

Kalau yang ini jarang kita temui, karena ini masih tetgolong baru. Air slide lebih simple lagi. Air slade di buat untuk mengangkut semen ke dalam timbangan ddngan tenaga angin. Air slade terdiri dari 2 lapisan. Lapisan bawah digunakan untuk filter angin bertekanan tinggi dan yang lapisan atas berfungsi untuk lewat semen. 
Sekian itu tadi penjelasan mengenai alat penghantar semen di batchingplant. 
Jangan lupa untuk follow blog ini, agar anda tidak ketinggalan portingan terbaru dari saya

Tinggalkan Balasan