Cara Mengatasi Beton Beku di Twin Shaft Mixer Pada Batching Plant wet

Diposting pada
Gambar :gpegroup.com
Seperti yang sudah kita ketahui,  bahwa batching plant jenis wet menggunakan mixer tersendiri untuk memperoleh campuran beton yang sudah jadi. Di dalam mixer ada yang namanya twin shaft, yaitu dua buah shaft dilengkapi dengan pisau dan sepatu yang fungsinya untuk mengaduk campuran beton. Ketika dalam proses pengadukan pasti ada sisa campuran yang menempel, kalau dalam produksi nya dalam sehari bisa pukuhan atau bahkan ratusan m3 sisa campuran yang menempel pada shaft dan dinding mixer akan semakin banyak. Kalau dalam pengoprasiannya sang operator bpo tidak peka terhadap hal ini, maka sisa kotoran beton tersebut akan beku dikemudian hari. Untuk mengatasi hal ini sang operator bisa mencuci pan mixer sampai bersih ketika batching plant dalam posisi stand by ataupun produksi sudah usai. Sebenarnya walaupun sering dicuci kotoran tersebut akan terlihat menumpuk dikemudian hari, seperti yang saya alami sendiri walaupun saya sering mencuci pan mixer kotoran beton yang beku tersebut akan tetap terlihat menumpuk di kemudian hari. Yang bisa saya lakukan hanya meminimalisir pembobok kan. Masa’ tiap hari mau ngebobok kan gak mungkin. 
Ya caran nya itu tadi setiap standby pan mixer dan corong harus dicuci sampai bersih.  Selain itu sewaktu loading juga kita harus cerdik. Pengaruh pembuangan semen ke dalam mixer juga berpengaruh.  Sebaiknya di set saat material masuk dari hopper kedalam mixer setengah dari total di timbangan hopper, barulah semen di buang ke pan mixer. 
Itu kalau saya ya,  kalau mungkin dari anda yang sudah senior dalam hal ini bisa memberi saya saran dan masukanya lewat kolom komentar. 
Ya setidaknya cara tadi bisa meminimalisir pembobokan saja. Jangan sampai kita tiap hari kesal dengan bekuan yang ada di pan mixer dan corong mixer pada batching plant wet. 
Sekiranya itu saja yang bisa saya sampaikan semoga bermanfaat

Tinggalkan Balasan