Cara Membuat Saringan Pasir di Kolbin Material

Diposting pada
Salam blogger,  kali ini saya datang kembali dengan tulisan cara membuat saringan pasir di kolbin material. Kenapa perlu di buat saringan ? 
Walaupun material yang di gunakan sudah benar – benar bagus, tetap kita harus pasang skrin di kolbin pasir, gunanya agar kotoran seperti kayu maupun batu besar  yang tercampur dalam pasir tidak ikut masuk kedalam timbangan aggregat. 
Kalau sampai ada kotoran yang masuk semisal kayu ataupun batu yang nyangkut di pintu kolbin maka akan membuat airshock tidak bisa menutup pintu kolbin. Sehingga kalau material di dalam kolbin akan terus turun ke timbangan dan akan mengakibatkan penimbangan over. Kalau sampai hal ini terjadi, ambil dulu batu atau kotoran yang mengganjal di pintu. Kalau tidak bisa kosongkan bin dan timbangan aggregat dengan cara mengurasnya. Setelah selesai di ambil kotoran yang mengganjal di pintu, barulah melanjutkan penimbangan atau lakukan penimbangan dari awal. Itu lah mengapa harus diperlukan saringan di kolbin pasir. 
Sebelum anda membaca lebih lanjut tentang pembahasan ini, alangkah baiknya bagi anda yang sudah senior dalam batching plant dan tidak sependapat dengan pendapat saya, saya minta saran dan masukanya di kolom komentar. 
Mengenai saringan pasir yang sudah saya temui di beberapa batching plant yang sudah saya operatori. Semuanya sama, menggunaka vibrator sebagai daya getarnya dan di las mati dengan badan kolbin. Kalau menurut saya model seperti ini getaran lebih kurang. Kenapa demikian ?
Karena pada saat kita menggetarkan viberator, skrin memang beegetar tapi getaran akan kurang kuat karena skrin dilas mati dengan badan kolbin sehingga getaran akan diteruskan ke badan mobil. Sampai pada akhirnya saya menemukan ada skrin yang meodelnya berbeda dengan skrin yang saya jelaskan pertama tadi. Skrin menumpang di kolbin lewat sebuah dudukan akan tetapi skrin tersebut tidak di las mati. Skrin ini di ikat dengan baut U, dan dibuatkan penyangga di bagian kolbinya, dan dibuatkan kotak dari plat sebagai rumah vibrator ditengah nya untuk menghindari hujan dan timbunan pasir. Jadi sewaktu viberator  di getarkan, getaran akan terasa lebih besar dan tentunya membuat vibro  lebih awet dari pada skrin tipe pertama. Kalau tipe pertama, vibro  akan terasa lebih boros.selain itu dalam menyalakan vibro juga jangan dibuat mainan, gunakan vibrator hanya pada saat loader menuang pasir saja. Dengan begitu bisa memperpanjang umur vibro. Sekian artikel tentang cara membuat saringan pasir di kolbin. Semoga bermanfaat,dan jangan lupa berlangganan artikel via email agar anda tidak ketinggalan artikel terbaru dari saya. 

Tinggalkan Balasan